Intip Harga Jasa Pengiriman Motor Via Kereta Api

Jasa pengiriman sepeda motor di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Mengirim sepeda motor ke daerah bisa dilakukan dengan menggunakan layanan ekspedisi. Sistemnya sama dengan mengirim barang lainnya. Anda tinggal memesan, bayar dan motor pun siap dikirim ke tujuan.

Mau Kirim Motor ke Kampung, Segini Kisaran Biayanya

Biasanya, jelang Lebaran nanti, banyak orang kota yang menggunakan jasa ini. Umumnya, mereka tak ingin capek mengendarai motor ke kampung halamannya. Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Menurut Vita, salah satu pegawai layanan ekspedisi PT Index Transportama, untuk masalah harga sangat bervariasi, tergantung jarak pengiriman sepeda motor. 

Kirim Motor ke Kampung, Begini Caranya

"Untuk masalah harga, tergantung jarak. Misalnya ke Jawa Tengah, 10 kilogram pertama itu harganya Rp100 ribu, selanjutnya Rp3 ribu per kg," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 7 Maret 2017. 

Namun untuk mempermudah konsumen, tarif digolongkan dalam beberapa kategori, seperti segmen dan kapasitas mesinnya. 

Kirim Motor ke Kampung, Jangan Lupakan Hal Ini

"Misalnya, motor bebek itu harganya Rp350 ribu ke Jawa Tengah, kalau ke Jawa Timur Rp400 ribu. Bedanya cuma Rp50 ribu saja," ujarnya. 

Untuk motor skuter matik, tarifnya mulai Rp300 sampai dengan Rp400 ribu. Tak jauh beda dengan motor bebek pada umumnya. 

"Kalau motor gede (moge), tarifnya lebih mahal. Jasa pengiriman mulai dari Rp 450 ribu untuk motor sport 150cc, kalau 250cc ke atas mulai Rp600 ribu. Itu untuk Jateng dan Jatim ya," katanya. 

Untuk pengiriman motor di sekitaran Jawa Barat, ia memberikan tarif mulai dari Rp300 ribu untuk motor bebek dan matik. "Tujuannya kebanyakan hanya Bandung dan Tasikmalaya, dan itu jarang biasanya," tuturnya. 

Sementara itu, PT Kereta Api Logistik (Kalog) memberikan banderol yang tak jauh beda dengan lainnya. Untuk sepeda motor matik dan bebek, diberlakukan harga mulai Rp260 ribu ke Bekasi, Rp300 ribu ke Bandung dan Tasikmalaya, serta Rp400-500 ribu untuk Jateng dan Rp500-600 ribu untuk Jatim. 

Sedangkan untuk motor sport, mulai dari Rp480-670 ribu ke Jateng, Rp420 ribu ke Jabar dan Rp700-800 ribu ke Jatim. Semuanya tergantung kapasitas mesin dan juga berat motor. 

Sayangnya, kedua layanan ekspedisi tersebut hingga saat ini hanya melayani jasa pengiriman untuk Pulau Jawa saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya