Masalah yang Sering Terjadi pada Motor Matik

Pengendara motor matik.
Sumber :
  • www.matickita.com

VIVA.co.id – Sepeda motor di Indonesia, terutama di ibu kota, saat ini didominasi oleh matik. Alasannya, pengoperasian kendaraan model ini dinilai lebih sederhana, apalagi digunakan di jalan yang padat lalu lintas.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sama seperti sepeda motor lainnya, skuter matik juga memiliki kelemahan pada komponennya apabila tak diperhatikan dengan baik. Terlebih jika motor mengalami masalah saat digunakan.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, mengatakan, masalah yang sering terjadi pada motor matik terdapat di bagian CVT.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Masalah yang sering dtemukan biasanya pada bagian CVT," kata Adde kepada VIVA.co.id, Kamis 20 Juli 2017.

Kondisi tersebut terjadi jika pemilik tidak melakukan perawatan berkala pada motornya. Baiknya perawatan itu dilakukan setiap menempuh 8.000 kilometer.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Karena apabila tidak dirawat secara berkala, mengakibatkan sepeda motor terasa kurang bertenaga, bisa karena kotor atau part aus," ujar Ade.

Ilustrasi CVT motor matik.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

CVT merupakan komponen penting dalam motor matik dan memiliki beberapa bagian yang wajib diperhatikan serta perawatan berkala.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2022