Ban Tubeless Maksimal Boleh Ditambal Berapa Kali?

Tambal ban tubeless
Sumber :
  • montirgw.com

VIVA – Tak hanya kondisi jalanan rusak, benda-benda tajam seperti paku dan paku payung masih menjadi ancaman bagi ban kendaraan. Jika terkena benda tajam, jelas membuat ban berlubang dan kempis.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Solusi untuk ban yang kempis atau sobek adalah membawanya ke tempat tambal ban. Meski telah menggunakan jenis tubeless, ban jenis ini juga memerlukan proses penambalan apabila terjadi kebocoran.

Meski tambal ban menjadi solusi, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, mengatakan, ban tubeless yang telah mengalami penambalan akan mengurangi rasa nyaman kendaraan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Memang intinya jika ban sudah ditambal akan mengurangi kenyamanan pengendara saat berkendara," katanya kepada VIVA.

Saat disinggung adakah batasan untuk penambalan yang dilakukan terhadap ban tubeless saat mengalami kebocoran, Ade menjelaskan tidak ada batasan resmi yang dikeluarkan terkait hal tersebut.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sehingga, saat merasakan ban sudah tidak lagi nyaman digunakan karena sering ditambal, baiknya pengguna mengganti dengan ban baru. "Kalau batasan berapa kali tambal ban untuk tubelees memang tidak ada rekomendasi khusus," ujarnya.

Ban tubeless

Ban Tubeless Lebih Kuat dari Ban Biasa? Apa Saja Bedanya

Karakter ban tubeless lebih kokoh hingga cocok untuk melewati berbagai jenis medan jalan, selain itu apa lagi keunggulannya?

img_title
VIVA.co.id
25 Agustus 2022