Jangan Bingung kalau Motor Matik Mogok di Jalan

Pengendara servis sepeda motor matiknya.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Perawatan berkala, penting dilakukan setiap pemilik sepeda motor agar tunggangannya dalam kondisi prima. Salah satu jenis 'kuda besi' yang kerap dijumpai mati mendadak atau mogok adalah skuter matik. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motor, Ader Rohman, angkat bicara perihal fenomena motor matik yang paling sering mogok. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena pembakaran mesin yang tidak sempurna. 

"Biasanya jarang digunakan pada putaran RPM (rotasi per menit) atau kecepatan rata-rata 60-80 kilometer per jam. Ini mengakibatkan pembakaran di mesin kurang sempurna," kata Ade di Jakarta, Senin 10 September 2018. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut dia, akibat dari pembakaran kurang sempurna tersebut menyisakan karbon di ruang bakar. Yang dinilai sewaktu-waktu bisa mengganjal bagian klep sehingga kompresi akan hilang. 

"Lalu mogok," tuturnya. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk mengatasi hal tersebut, Ade menjelaskan, pengendara harus membuka busi dan memasukkan oli sedikit demi sedikit sebelum melakukan kick starter.

"Solusinya adalah dengan membuka busi, kemudian masukan oli sedikit demi sedikit (+/- 5 cc) lalu kick starter sambil menutup lubang busi menggunakan lap sampai dirasakan kompresinya normal kembali, lalu pasang busi kembali dan hidupkan motor," ujar Ade.

Ilustrasi CVT motor matik.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

CVT merupakan komponen penting dalam motor matik dan memiliki beberapa bagian yang wajib diperhatikan serta perawatan berkala.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2022