Rambu Lalu Lintas yang Jarang di Indonesia, Padahal Penting

Kepadatan di Persimpangan Jalan Cawang-MT Haryono.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Biasanya kecelakaan terjadi karena kecerobohan pengemudi yang tak mematuhi rambu-rambu lalu lintas di sisi jalan. Tapi sebenarnya ada pula yang dikarenakan tak lengkapnya rambu lalu lintas, seperti halnya di jalan persimpangan.

150 Polantas Tangerang Diterjunkan Dalam Operasi Keselamatan Jaya 2023

Direktur Safety Defensive Cosultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, setiap persimpangan jalan atau pertigaan di Indonesia masih jarang yang dilengkapi rambu lalu lintas seperti give way. Padahal rambu tersebut sangat penting.

“Karena di pertigaan yang diutamakan jalan lurus ketimbang yang mau belok. Ada rambu yang harus wajib di setiap pertigaan, bentuknya segitiga lancip ke bawah atau give way, tapi di Indonesia jarang,” ujarnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Dia mengatakan, rambu ini adalah kita harus memberikan kesempatan atau memberikan prioritas kepada setiap kendaraan yang akan melintas di depan kita, rambu ini biasanya dipasang di perempatan atau pertigaan. Artinya, diutamakan setiap jalan persimpangan adalah pengemudi yang berada di jalur lurus.

“Tapi itu enggak ada di setiap pertigaan di Indonesia, fungsi rambu itu sangat vital karena dia yang memandu kita di jalan agar tetap selamat. Ketika rambu tidak ada, berarti semuanya burem,” tuturnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Lebih lanjut, pria yang berprofesi sebagai pembalap itu menjelaskan, menyalakan lampu sein saja ketika ingin berbelok tidak cukup. Sebab, lampu sein hanya sebagai isyarat untuk pengendara lain, bukan semena-mena Anda mendapat perioritas untuk belok.

“Jadi ketika kendaraan lain memberikan jalan baru kita masuk. Lampu sein itu bukan seolah-olah kita dapat hak prioritas, tapi cuma meminta izin kepada pengendara lain,” sambungnya.

Viral Polisi Menilang Seorang Profesor Hukum Berujung Diceramahi

Viral Polisi Menilang Seorang Profesor Hukum Berujung Diceramahi

Muncul video viral yang sangat menarik perhatian para netizen. Seorang polantas atau polisi lalu lintas tampak kebingungan begitu berdebat dengan seorang profesor hukum.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023