Bikin Mobil Kinclong, Simak Biayanya

Aplikasi nano coating pada bodi mobil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setiap pemilik mobil pasti menginginkan kendaraannya tetap bersih seperti baru. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu melakukan poles.

Bisnis Perbaikan Bodi dan Cat Mobil Semakin Menjanjikan

Saat ini ditawarkan beragam jenis pengerjaan poles oleh salon mobil. Salah satunya, Nano Ceramic Coating. Dengan cara ini, kendaraan diklaim bisa mengilap seperti baru keluar dari diler.

Chief Operating Officer HD Car Care, Yaska Wu mengatakan, teknik poles dengan Nano Ceramic Coating dapat melindungi cat kendaraan jauh lebih maksimal.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Prosesnya sebenarnya hampir sama, mobil dicuci bersih, kemudian dilakukan poles. Nah, nanti tahapan paling advance itu bodi mobil yang sudah dipoles, lalu dilapisi Nano Ceramic Coating," kata dia di bengkelnya di Bekasi, Senin 3 Desember 2018. 

Seiring kemajuan teknologi, saat ini pelindung cat juga semakin canggih dengan menggunakan ceramic coating. Ia menjelaskan, pelindung cat ini strukturnya dibuat dalam ukuran sangat kecil, sehingga dinamakan Nano, untuk bisa masuk dan meresap ke dalam permukaan bodi kendaraan tersebut.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Bahan dasarnya sama dengan kaca. Jadi, mobil yang sudah dipoles, dilapis lagi dengan ceramic coating tadi. Efeknya, akan kilap seperti kaca. Dengan proses ini, kilap cat sulit hilang, kecuali diamplas," tuturnya.

Di tempat sama, Chief Executive Officer HD Car Care Bekasi, Daniel Sutrisno mengungkapkan perihal harga poles mobil dengan teknik itu.

"Kalau untuk Nano Ceramic, mulai dari Rp3 juta untuk small car, Rp6 juta buat mobil mewah. Untuk poles standar kami, total detailing Rp1,25 juta sampai Rp2 juta," ungkap Daniel. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya