Hati-hati Jika Mesin Motor Injeksi Enggak Langsam

Ilustrasi aki sepeda motor
Sumber :
  • Youngchoppers

VIVA – Berbeda dengan motor zaman dulu, kendaraan bermotor roda dua yang dijual saat ini sudah menggunakan sistem pengabutan injeksi. Dengan teknologi ini, konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Agar sensor yang digunakan sistem injeksi dapat berfungsi dengan baik, dibutuhkan arus listrik yang stabil. Sumbernya sama seperti motor dengan karburator, yakni aki.

Sayangnya, produsen jarang memasang alat pemantau kondisi aki sepeda motor. Alhasil, pemilik kesusahan mengetahui apakah alat penyimpan setrum itu masih laik pakai atau tidak.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

Selain itu, kondisi aki juga tidak bisa dipantau juga melalui penggunaan starter elektrik. Sebab, fitur tersebut saat ini sudah dirancang agar tidak menggunakan arus listrik yang besar.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus memasang alat tambahan pada kuda besi kesayangan. Dilansir dari laman Suzuki, Jumat 28 Desember 2018, ada cara mudah untuk mengetahui kondisi sistem kelistrikan motor injeksi.

Pahami Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Saat mesin hidup dalam kondisi idle atau langsam, perhatikan suara putaran mesin. Jika kondisi kelistrikan normal, putaran mesin harus terdengar stabil, tidak naik turun seperti yang biasa dialami motor karburator.

Kecepatan putaran mesin biasanya sudah diatur oleh bengkel, saat Anda membawa motor untuk servis berkala. Jadi, pastikan untuk selalu teratur merawat kendaraan Anda di bengkel, agar tidak muncul masalah yang dapat mengganggu aktivitas. (kwo)

VIVA Otomotif: Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Berita yang membahas mengenai mobil baru Toyota laku keras dan deretan masalah akibat aki motor soak, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023