Teknik Ampuh Bikin Mobil Irit Bensin dari Pabrikan

Mitsubishi Xpander.
Sumber :
  • Manut

VIVA – Mobil yang efisien dalam penggunaan bahan bakar memang menjadi idaman masyarakat, apalagi di segmen mobil keluarga. Ternyata, irit bensin tak hanya dipengaruhi oleh kapasitas mesin dan teknologi yang disematkan pada mobil, tetapi juga gaya mengemudi seseorang.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Head of Technical Service & CS Support Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto mengatakan, banyak faktor yang memengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar minyak saat mengemudi mobil keluarga seperti Mitsubishi Xpander yang bermesin 1.500cc.

"Menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil dapat dilakukan dengan menjaga putaran mesin, melaju dengan konstan, dan tentunya dengan menggunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan pada manual book," kata Boediarto dalam keterangan resmi, Kamis 17 Januari 2019.

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Cara paling ampuh untuk menghemat penggunaan BBM, kata dia, adalah dengan menjaga putaran mesin. Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak. Tapi jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

Berikutnya adalah dengan melakukan teknik mengemudi cerdas dan tidak agresif. Saat di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 kilometer per jam. Jika Anda melaju di kecepatan 100 kilometer per jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15 persen lebih banyak ketimbang melaju pada 80 kilometer per jam.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Untuk menghemat penggunaan BBM saat mengemudi, disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai. Performa mesin maupun konsumsi BBM akan membaik saat menggunakan BBM dengan oktan sesuai rekomendasi pabrikan.

Akselerasi mendadak membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai BMM secara maksimal. Injak pedal gas dengan halus serta perhitungkan jarak pengereman yang memadai untuk mendapat penggunaan bensin yang hemat.

Selain itu, hal-hal sederhana yang juga bisa membantu efisiensi penggunaan bahan bakar adalah dengan menggunakan AC mobil secukupnya, menjaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, serta merencanakan perjalanan yang cepat dan minim kemacetan. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya