Pasang Aksesori, Komponen Ini Tokcer Jaga Kelistrikan Motor

Ilustrasi pemasangan kapasitor di sepeda motor
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Bagi orang awam, merawat kendaraan bukan perkara mudah. Apalagi, jika sudah bicara aki. Komponen yang satu ini selalu jadi masalah, jika usia motor sudah lebih dari tiga tahun.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Efeknya bermacam-macam, mulai dari lemahnya suara klakson, lampu sein redup, hingga starter lemah. Semua itu bersumber dari munculnya masalah pada aki.

Penyebab umum aki mengalami penurunan kinerja, adalah karena tidak stabilnya arus kelistrikan. Apalagi, bila pemilik menambahkan aksesori yang memerlukan setrum. Untuk itu, diperlukan penstabil arus berupa kapasitor.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

“Biasanya, motor injeksi zaman sekarang sudah ada kapasitornya. Jadi, enggak perlu lagi ditambahkan. Lebih baik pakai bawaan pabrik saja,” ujar salah satu montir Janks Motor Modification yang enggan dicantumkan namanya, kepada VIVA di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat 1 Maret 2019.

Menurutnya, kapasitor akan lebih baik dipasang ketika aki berada dalam kondisi yang tidak prima. Jika motor masih baru, tidak perlu menggunakan komponen tambahan ini. Namun jika tetap ingin memasang, maka boleh saja untuk meminimalisir kerusakan.

Pahami Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Jika motor modifikasi membutuhkan daya listrik lebih, seperti penambahan lampu dan klakson yang bukan standar, maka cara ini penting untuk dilakukan. (ren)

VIVA Otomotif: Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Berita yang membahas mengenai mobil baru Toyota laku keras dan deretan masalah akibat aki motor soak, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023