Begini Cara Mudah Cek Aki Motor, Enggak Perlu Alat

Ilustrasi aki sepeda motor
Sumber :
  • Youngchoppers

VIVA – Salah satu komponen pada sepeda motor yang hanya diperiksa saat terjadi gangguan, adalah aki. Padahal, fungsi aki sangat penting, yakni sebagai penyimpan arus listrik yang digunakan sistem kelistrikan motor.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Apabila aki mengalami masalah, maka lampu penerangan maupun kinerja mesin bakal terganggu. Banyak yang enggan repot memeriksa kondisi aki, karena dianggap ribet dan memakan waktu.

Menurut Sales Training and Homologation Manager PT Piaggio Indonesia, Adi Tristianto, pemeriksaan kondisi aki bisa dilakukan sendiri dan tanpa bantuan alat. Bahkan, hal itu bisa dilakukan setiap hari.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

“Pagi-pagi, motor dipanaskan dulu. Biar awet dan beban kerjanya enggak terlalu besar. Mau melihat pengecasan aki bagus atau tidak, caranya kunci kontak on, hidupkan lampu sein dan pencet klakson," ujarnya, dikutip dari 100kpj, Selasa 9 April 2019.

Adi menjelaskan, jika mesin susah dihidupkan karena starter berputar lambat, itu pertanda aki mengalami masalah penyimpanan arus. Sebab, aki yang rusak hanya bisa menyimpan arus kurang dari yang dibutuhkan kendaraan.

Pahami Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

“Sebelum mesin panas, susah distarter. Tapi begitu sudah panas, mudah distarter. Itu tanda aki sudah jelek. Kalau ciri aki mati, bisa hidup saat di-jumper. Tetapi, begitu jumper dilepas mesin mati atau tidak langsam,” tuturnya. (asp)

VIVA Otomotif: Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Berita yang membahas mengenai mobil baru Toyota laku keras dan deretan masalah akibat aki motor soak, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023