Begini Cara Pegang Setang Motor yang Benar, Banyak yang Masih Salah

Ilustrasi pengatur kecepatan sepeda motor.
Sumber :
  • Motorcycle

VIVA – Berdasarkan data penjualan kendaraan di Indonesia, jumlah populasi sepeda motor jauh lebih banyak dibandingkan dengan mobil. Hal itu tidak mengherankan, mengingat motor lebih efektif dan efisien untuk digunakan sehari-hari.

Great Enthusiasm for the Hyundai Festival in Jakarta

Sayangnya, hingga kini masih banyak yang kurang mengerti, bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar. Mereka rata-rata menerapkan kebiasaan mengendarai sepeda kayuh, padahal jelas kecepatannya berbeda.

Salah satu kebiasaan pengendara motor yang selama ini salah, namun banyak dilakukan, adalah cara memegang setang. Banyak orang yang menaruh beberapa jarinya di tuas rem depan, sementara jari lainnya digunakan untuk memutar tuas gas.

Puncak Harinya Hyundai Beri Ragam Keseruan untuk Warga Jakarta

Menurut pengurus divisi Safety Riding Asosiasi Honda Jakarta, Agung Firman, cara itu sama sekali tidak benar. Sebab, bisa menimbulkan bahaya.

"Itu salah, karena beberapa jari yang ada di tuas rem akan menghasilkan pengereman yang refleks, dan bisa menyebabkan kontrol motor hilang," ujarnya dikutip dari 100kpj, Kamis 9 Mei 2019.

Robi Senggol Motor Buat Wanita Jatuh dan Tewas, Pura-pura Pingsan saat Ditangkap Warga

Cara memegang setang yang benar, kata dia, adalah dengan menggenggam karet setang dengan seluruh jari. "Lebih tepatnya, tangan mengepal penuh di handgrip atau setang," tuturnya.

Agung menjelaskan, dengan cara itu, maka pengendara akan dapat lebih mengendalikan arah motor, tanpa khawatir genggamannya lepas. Terutama, saat melintas di jalan berlubang.

"Kalau mau mengerem, tutup gas dulu baru rem, gunakan empat jari," jelasnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya