Hindari Penggunaan Aksesori Ini di Mobil Saat Mudik

Ilustrasi setir mobil
Sumber :

VIVA – Banyak cara untuk mempercantik mobil kesayangan, salah satunya menyematkan aksesori. Namun, ada beberapa aksesori tidak direkomendasikan, karena dapat membahayakan Anda di jalan.

Mudik Jarak Jauh Bikin Capek, Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Pulang Kampung

Terutama menempuh perjalanan jarak jauh yang butuh konsentrasi maksimal, seperti mudik. Jika aksesori tersebut mengganggu konsentrasi Anda di perjalanan, tentu sangat berbahaya.

Instruktur Senior Indonesian Road Safety Agent, Poedyo Santosa, mengatakan, saat di perjalanan butuh konsentrasi, maka menggantungkan benda atau aksesori di kaca spion tengah sangat mengganggu.

Mudik di Desa Penari

Sambung dia, pemutar kemudi yang bentuknya seperti bola ditempel pada setir juga berbahaya. Karena dapat mencederai Anda saat terjadi kecelakaan. Begitu pula bantal pengganjal leher di head rest.

“Bantal pengganjal itu bisa membuat leher pegal. Saat terjadi tabrakan depan, kepala terhuyung ke belakang sehingga leher seakan ditonjok,” ujarnya kepada VIVA, Senin, 3 Juni 2019.

Pakar: Ini Tips Mudik Sehat dan Anti Lelah

Hal senada juga disampaikan pemilik Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu. Menurutnya, bantal tambahan di head rest berbahaya. Bahkan saat terjadi tabrakan hebat dari belakang, leher bisa patah. 

“Kaca film usahakan tingkat kegelapannya 40 persen agar tetap terlihat kondisi di luar mobil.  Ada juga kaca mobil yang bisa dua sisi, dari luar gelap, tapi penglihatan di dalam sangat jelas,” tuturnya.

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

Kapolri: Pemudik Jangan Sungkan Lapor jika Ada Keluhan ke Petugas

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pengamanan dan pelayanan arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2023 di Bandara Juanda, Jawa Timur pada Rabu, 19 April 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2023