Bahaya Knalpot Bocor Saat Musim Banjir, Ini Cara Atasinya

Knalpot motor yang dilengkapi dengan pelindung.
Knalpot motor yang dilengkapi dengan pelindung.
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Membiarkan knalpot motor keropos apalagi sampai bocor akan merusak komponen mesin. Apalagi pada musim hujan dan banjir ini. Knalpot bocor bisa jadi malapetaka.

Dikutip dari laman Bintang Motor, Kamis 27 Februari 2020, knalpot yang bocor atau keropos bisa terjadi karena usia pemakaian. Atau juga bisa terjadi karena hal lainnya, seperti terbentur benda keras saat pemakaian.

Perlu diketahui, knalpot yang bocor dapat terasa dari munculnya suara aneh dari knalpot. Jika sudah terdengar bunyi aneh tersebut, maka langsung segera untuk dibawa ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut. 

Pada musin hujan dan banjir saat ini, knalpot bocor bisa menyebabkan air masuk ke ruang mesin. Jika hal tersebut terjadi, kerugian yang Anda derita bisa berkali-kali lipat. 

Baca juga: Obral W175 SE Rp23 Jutaan, Kawasaki: Jumlahnya Terbatas

Berikut ini cara mengatasi knalpot bocor pada motor Anda 

1. Melekatkan dengan aluminium foil

Aluminium merupakan bahan yang tahan panas dan dapat digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Pastikan permukaan knalpot telah bersih dan kering.

Kemudian lipat dan pilin aluminium foil hingga berbentuk seperti tali. Aluminium yang sudah berbentuk tali tersebut kemudian dibentuk menjadi lingkaran. Pasang dengan rapi diantara pipa knalpot dan bagian paking.

2. Tambal dengan seal tape aluminium

Biasanya seal tape aluminium digunakan untuk menambal panci dan wajan. Namun bisa juga untuk menambal knalpot karena tahan dengan panas. Caranya pastikan permukaan knalpot dan kering. Lepaskan kertas penutup rekatkan di belakang seal tape aluminium.

Lalu, tempelkan seal tape pada bagian knalpot yang bocor. Nyalakan motor agar seal tape aluminium terkena panas dan akhirnya dapat merekat permanen. Sebetulnya terdapat bahan khusus yang dibuat untuk menambal knalpot yang bocor yaitu aluminium muffler tape.

3. Tambal pakai plastic steel

Plastic steel dapat dimanfaatkan untuk menambal kebocoran knalpot. Dengan cukup aplikasikan plastic steel pada bagian permukaan knalpot yang bocor dengan rapi.

4. Rekatkan dengan lem besi

Lem besi dapat digunakan untuk menambal bagian knalpot yang bocor. Lem besi juga mudah ditemui, anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat.

Tahap pertama adalah memastikan permukaan knalpot telah bersih dari kotoran kemudian dilap kering. Selanjutnya adalah mencampurkan lem hitam dan lem putih, kemudian oleskan ke permukaan knalpot yang bocor. Lalu ratakan lem, tunggu hingga mongering.