Cara Mudah Usir Getah Pohon di Mobil

Ilustrasi. Mencuci mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Tak jarang mobil sengaja diparkir di bawah pohon, demi menghindari terik matahari. Hal ini biasanya dilakukan, karena tidak tersedia tempat parkir di rumah atau gedung.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Meski bisa mengurangi kemungkinan kabin rusak akibat sinar ultraviolet, namun menaruh kendaraan di bawah pohon rindang bukannya tanpa risiko.

Salah satunya, yakni bodi mobil terkena getah yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Jika dibiarkan terlalu lama, maka senyawa yang dikandung bisa merusak bodi.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Auto2000, Kamis 25 Maret 2021, membersihkan getah tidak semudah mengusir debu atau lumpur yang menempel. Sebab, bagian dari tumbuhan itu bisa mengeras dalam waktu singkat.

Air dan sampo tidak bisa dipakai begitu saja, terutama apabila getah sudah lama mengeras. Yang bisa dilakukan adalah menggunakan air panas dicampur sabun.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Suhu hangat bisa membuat zat tersebut melunak, sehingga lebih mudah dibersihkan. Caranya adalah dengan menggosok getah dengan microfiber yang sebelumnya dicelupkan ke campuran air panas dan sabun.

Lakukan ini berkali-kali, hingga seluruh bagian getah hilang dari bodi. Kemudian bilas kembali dengan air bersih, lalu poles menggunakan produk favorit agar terlindungi.

Cara lain untuk membersihkan getah adalah dengan memakai cairan khusus, yang banyak dijual di toko aksesori. Ramuannya ampuh melunakkan zat getah, sehingga bisa lebih mudah dibersihkan.

Caranya yakni dengan menuang sedikit cairan tersebut ke lap, dan kemudian tempel di bodi yang terpapar getah. Biarkan selama satu menit, kemudian ulangi hingga benar-benar lunak dan mencair.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya