Tips Membedakan Velg Ori, Replika dan TW

Ilustrasi modifikasi velg mobil.
Sumber :
  • HSR Wheel

VIVA – Velg merupakan bagian dari mobil, yang paling sering dimodifikasi dengan cara menggantinya dengan model lain. Tujuannya yakni supaya penampilan kendaraan jadi berbeda.

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Ada juga yang mengganti velg dengan tujuan mendapatkan performa yang lebih, biasanya ini didapatkan melalui penambahan lebar tapaknya. Karena adanya tambahan tersebut, maka cengkeraman ban ke aspal menjadi lebih besar sehingga laju mobil semakin stabil.

Selain ukuran, hal lain yang perlu diperhatikan ketika melakukan itu adalah menentukan velg apa yang akan dipakai. Supaya tetap aman dan nyaman dipakai, berikut ini tips yang bisa diikuti.

UEA Tenggelam, Warga Ceritakan Kengerian Banjir Dubai

Direktur Marketing HSR Wheel, Hendra Wijaya mengatakan bahwa di pasaran ada beberapa tipe velg yang dibagi berdasarkan kualitasnya, yakni orisinal, replika dan TW.

Istilah TW dipakai, untuk menunjukkan bahwa produk velg tersebut merupakan replika yang berasal dari Taiwan. Kualitas yang ditawarkan dua tipe ini, di bawah dari produk orisinal. Alhasil, harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau.

Vinfast Jadi Armada Andalan Taksi Online

Menurut Hendra, tingkat keamanan mobil sebaiknya jangan dikorbankan hanya demi mendapatkan penampilan yang keren. Sebab, hal berbahaya bisa terjadi saat velg replika atau TW mengalami kerusakan.

“Velg orisinal harganya pasti lebih tinggi, karena melibatkan banyak proses. Mulai dari konsep desain, riset bahan, pengujian kekuatan, hingga proses produksi. Tahap-tahap ini sangat memakan waktu dan biaya,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 12 Juli 2021.

Sementara itu, produsen velg replika dan TW hanya menduplikasi desain pelek orisinal dan diproduksi kembali dengan metode casting, agar bisa mendapatkan biaya produksi yang lebih murah.

“Ada baiknya hindari penggunaan pelek replika yang berisiko. Walaupun aman di kantong, namun belum tentu aman buat diajak nyelonong. Apalagi penggunaan harian, tetap berhati-hati,” tuturnya.

Sebagai informasi, HSR memiliki original design yang disebut sebagai HSR Original, mulai dari Myth Series, NX Series, Boroko Series, Invation Series, RAI-S Series, dan FE Series yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Selama masa pandemi, perusahaan tersebut juga aktif mengadakan kegiatan kemanusiaan melalui platform kitabisa.com. Kampanye yang saat ini sedang digelar yakni mengajak konsumen berpartisipasi, di mana setiap donasi kelipatan Rp100 ribu berkesempatan memenangkan undian berhadiah velg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya