4 Ciri Transmisi Matik Mobil Mulai Rusak

Ilustrasi mobil matik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Salah satu contoh dari perkembangan teknologi yang demikian pesat dan bisa dirasakan oleh para pengguna mobil, yakni sistem transmisi otomatis.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Jenis transmisi ini begitu mudah dan nyaman digunakan, karena pengemudi tidak perlu repot memindahkan posisi gigi maupun menginjak pedal kopling. Cukup atur tuas ke posisi maju atau D, maka yang perlu dilakukan hanya mengatur pedal gas dan rem saja.

Jenis transmisi matik juga semakin bertambah, misalnya Continuously Variable Transmission atau CVT serta Dual Clutch alias dua kopling yang biasanya disematkan pada mobil kencang.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Meski harga mobil matik lebih mahal dari model yang menggunakan transmisi manual, bahkan selisihnya bisa mencapai lebih dari Rp10 juta, namun banyaknya kemudahan yang diberikan membuat angka penjualannya terus melesat.

Mobil transmisi matik.

Photo :
  • Istimewa
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Sayangnya, tidak semua pemilik paham bagaimana mengoperasikan transmisi matik yang baik dan benar. Selain itu, hal lain yang sangat berpengaruh terhadap fungsi dari pemindah daya tersebut adalah perawatan berkala.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mobil88, Kamis 6 Januari 2022, ada empat ciri yang bisa menjadi penanda bahwa mobil matik sudah mulai rusak.

Pertama yakni muncul suara tidak biasa ketika tuas dipindahkan, di mana seharusnya proses ini berlangsung tanpa ada gangguan bunyi kasar.

Tanda kedua yakni mulai turunnya respons dari saat pedl gas diinjak hingga mobil mulai bergerak, entah itu maju maupun mundur. Seharusnya, jika transmisi dalam kondisi normal maka kendaraan akan langsung meluncur.

Apabila muncul getaran saat mobil bergerak maju atau mundur, maka hal itu juga bisa jadi tanda adanya masalah pada sistem transmisi matik.

Terakhir, yakni mobil bergerak dengan disertai hentakan meski pedal gas hanya diinjak sedikit. Hentakan ini seperti gigi transmisi dipaksa dan putaran mesin tidak diredam dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya