10 Penyebab Mesin Mobil Terus Bergetar Saat Posisi Diam

Suzuki XL7 Custom Concept
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA –  Merupakan hal yang wajar jika mesin mobil bergetar saat diam ketika Anda menyalakan pertama kali. Akan tetapi, jika hal tersebut getaran terus menerus menjadi salah satu indikator masalah pada mesin mobil.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Bergetarnya mobil pada posisi idle atau diam ini tentu sangat mengganggu dan harus segera diperbaiki. Setidaknya ada 10 penyebab yang bikin mesin mobil bergetar saat dalam posisi diam, seperti dilansir Suzuki Indonesia.

10 Hal Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

1. Kerusakan Busi
Ukuran busi yang kecil memiliki peranan sangat penting dalam pembakaran. Tidak seperti motor, busi mobil jumlahnya lebih dari satu. Jika salah satu busi mengalami masalah akan membuat mesin mobil menjadi pincang.

Mesin mobil yang pincang tersebut akan menimbulkan getaran cukup kencang. Artinya cek terlebih dahulu apakah busi mobil Anda bekerja dengan baik. Jika rusak, sebaiknya ganti yang baru.

All New Hyundai Santa Fe Sudah Bisa Dipesan, Siap Bikin Pajero Sport Ketar-ketir

2. Engine Mounting

Komponen yang satu ini bekerja untuk menahan mesin supaya selalu berada di posisinya dan stabil mengingat ketika terjadi kompresi getaran mesin sangat keras. Engine mounting yang sudah rusak artinya tidak bisa lagi mencengkeram getaran yang dihasilkan mesin.

3.Piston Mobil Mulai Aus

Sering mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi? Hati-hati piston mobil bisa aus dan jadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Fungsi piston adalah untuk membuat mobil bisa terus berjalan pada gerak statis terus menerus.

Ketika Anda memiliki gaya mengemudi yang ugal-ugalan maka akan membuat penurunan kinerja dari position di mesin mobil. Getaran pada mobil muncul karena piston sudah aus.

4. Karet yang Menahan Kap Mesin Keras

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan karet untuk penahan mesin. Karet penyangga ini bekerja meredakan getaran di luar mesin. Ketika karet ini sudah keras atau aus maka kap mobil tidak bisa tertutup sempurna.

Karet ini memiliki usia pakai karena seringnya terkena panas dari mesin membuatnya cepat keras dan menipisi. Jadi getaran tersebut juga bisa disebabkan oleh kap mesin yang tidak bisa tertutup rapat.

5. Shockbreaker Mengalami masalah

Kestabilan mobil adalah faktor penting yang harus diperhatikan, komponen shockbreaker lah yang menangani masalah ini. Oleh karena itu ketika terjadi masalah pada sokbreker maka kendaraan akan tidak seimbang.  Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan getaran yang cukup kuat ketika mobil berada di rpm rendah.

6. Bengkoknya Velg Ban

Velg yang sudah bengkok tidak dapat lagi menahan beban mobil dengan benar. Ketahanan mobil pun berkurang dan getaran jadi semakin kasar. Velg yang bengkok hanya bisa diganti dengan yang baru.

7.Menipisnya Kampas Rem

Banyak yang tidak tahu bahwa kampas rem pada mobil bisa juga menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat diam. Bukan hanya pengeram tidak pakem dan berpotensi menimbulkan kecelakaan tetapi juga mengganggu mobil yang sedang dalam posisi diam.

8. Masalah Pada Propeller Shaft

Propeller shaft ini akan mendistribusikan tenaga penggerak ke transmisi di bagian gardan.  Jadi ketika terjadi kerusakan getaran dari tenaga penggerak tidak tersalurkan dengan baik. Getaran pun akan sangat terasa kencang pada mobil ketika diam yang berasal dari roda belakang.

9. Kopling Mobil Bermasalah

Kopling memiliki peranan yang juga tak kalah penting, jika mengalami kerusakan getaran akan muncul dari clutch cover. Hal tersebut disebabkan komponen clutch cover yang sudah tidak rata lagi. Selain komponen tersebut, kampas kopling yang habis bisa membuat pedal kopling loss dan getaran kencang terasa hingga kabin.

10. Pendistribusian BBM Tidak Lancar

Bbm yang masuk ke dalam ruang bakar jumlahnya harus tepat jika tidak getaran akan sangat terasa kencang. Misalnya saja ketika mobil Anda menggunakan sistem injeksi dan sistem tersebut rusak maka bbm tidak akan lancar.

Jumlah bahan bakar yang sedikit atau terhambat akan menimbulkan getaran pada mesin. Akibat dari tenaga yang diciptakan tidak sempurna. Anda perlu mengecek kembali mengenai sistem bbm yang ada di mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya