Cara Mudah Membersihkan Dasbor Mobil Tanpa Bahan Kimia

Ilustrasi membersihkan dasbor mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Membersihkan mobil tidak hanya bagian luarnya saja, namun juga perlu memperhatikan bagian dalam termasuk dasbor. Banyak pemilik yang tidak sadar, bahwa area tersebut kerap disentuh dan mudah kotor

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Jika dasbor mobil terlihat bersih dan rapi, tentu kamu akan mendapatkan kenyamanan ketika berkendara. Diketahui, area tersebut menjadi bagian yang paling mudah kotor, karena kerap disentuh oleh tangan dan terpapar debu saat kaca dibuka.

Maka dari itu, kamu perlu rutin membersihkan dasbor mobil. Tak perlu membawa ke tempat cuci mobil khusus, karena bisa melakukan cara mudah ini dengan seorang diri.

Parkiran Mobil di Bawah Pohon Ini Harganya Setara Rumah Mewah

Dikutip VIVA Otomotif dari FamilyHandyMan, Rabu 16 Februari 2022, proses membersihkannya cukup menggunakan bahan alami seperti minyak yang ada di dapur.

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report
Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula

Kamu bisa menggunakan semua jenis minyak, mulai dari zaitun hingga kelapa. Bahkan, bahan ini sangat mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau.

Diketahui, minyak bisa menghilangkan kotoran yang ada di dasbor mobil kamu, dan dapat mengusir bau juga. Sebagai bentuk perawatan, kamu bisa melakukannya apabila ada waktu luang.

Lantas, bagaimana caranya? Siapkan bahan terlebih dahulu seperti lap atau kain yang memiliki daya serap air tinggi seperti chamois, dan minyak jenis apa saja yang ada di rumah.

Caranya, pertama tuang sedikit minyak pada kain bersih yang sudah disiapkan, kemudian uji bahan ini pada area kecil yang tidak terlalu mencolok untuk memastikan tidak ada perubahan warna pada dasbor mobil.

Setelah yakin tidak ada perubahan, saatnya kamu bersihkan dasbor dengan cepat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang sudah menumpuk. Kemudian tunggu beberapa menit, lalu lap kembali menggunakan kain bersih agar tidak meninggalkan kotoran.

Minyak alami akan aktif mengembalikan kilau sekaligus melindungi permukaan dasbor, dan membantu mencegah warna pudar yang disebabkan oleh sinar ultraviolet atau UV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya