Cara Mudah Membersihkan Kaca Mobil agar Tidak Berjamur

Ilustrasi menghilangkan jamur kaca mobil
Sumber :
  • Seva.id

VIVA – Para pemilik mobil harus rajin untuk merawat dan mencuci kendaraannya, terutama pada bagian kaca. Sebab, apabila tidak dibersihkan kaca mobil akan menyebabkan jamuran.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Terlebih lagi kondisi kaca yang kotor, akan membuat pemilik mobil tidak nyaman saat berkendara. Selain itu, jamur juga membuat pandangan buram dan memantulkan cahaya sinar lampu dari arah berlawanan, dan ini jelas berbahaya yang mengakibatkan tabrakan atau kecelakaan.

Maka dari itu, kamu harus rutin membersihkannya.Tak perlu pergi ke tempat cuci mobil, kamu bisa melakukannya seorang diri di rumah. Ditambah, bisa menghemat uang karena bahannya tersedia di rumah.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip Viva Otomotif dari TheDrive, Sabtu 19 Februari 2022, pemilik mobil harus menyiapkan bahan-bahan seperti ember, handuk, microfiber, pembersih jendela mobil, dan sabun. Perlu diingat, jangan sesekali menggunakan deterjen, karena kandungan ada bahan itu dapat merusak lapisan kaca.

Ilustrasi kaca belakang mobil

Photo :
  • Allstateglassco
Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Langkah pertama, kamu harus menyiapkan bahan-bahan tersebut. Lalu, basahkan microfiber dengan sabun yang sudah kamu sediakan. Setelah itu, lap kaca dengan kain tersebut.

Perlu diketahui, kamu harus membersihkannya secara perlahan dan jangan terburu-buru supaya tidak menyebabkan kerusakan, seperti lecet.

Sudah dibersihkan menggunakan sabun, langkah kedua yaitu kamu harus menunggu beberapa menit hingga sabun menyerap pada kaca. Ketika dirasa sudah bersih, selanjutnya kamu bilas menggunakan air bersih yang sudah disiapkan.

Setelah itu, keringkan kaca mobil dengan menggunakan handuk kering secara menyeluruh. Namun, apabila dirasa masih kotor, kamu bisa mengulangi cara tersebut sampai benar-benar bersih dan tidak tersisa kotoran dan jamur pada kaca mobil.

Kamu bisa lakukan cara mudah ini minimal seminggu ,sekali atau ketika mobil terkena air hujan, langsung dibersihkan.

Sebagai tambahan informasi, untuk menghindari kaca mobil berjamur, hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung ketika diparkir. Selain bisa buat kaca menjadi buram dan jamur, cahaya sinar matahari bisa menyebabkan karet-karet jendela mobil menjadi rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya