Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Kaca spion
Sumber :
  • williamcronon.net

VIVA – Kaca spion pada kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, adalah sebagai pengawas agar pengemudi dan pengendara tetap waspada akan kendaraan yang berada di belakang.

Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Namun terkadang timbul masalah yakni dengan adanya bercak putih, yang berasal dari bekas air hujan kerap menjadi masalah di kaca spion.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, bakal timbul bintik putih pada kaca spion. Bakal terus melekat dan sulit untuk dibersihkan.

Garansi Motor Hangus Jika Kaca Spion Dilepas

Persoalan ini tentunya membuat berkendara menjadi kurang nyaman, karena mengganggu kejernihan kaca saat harus melihat situasi di belakang kendaraan.

Kaca spion.

Photo :
  • U-Report
Waspada, Maling Incar Spion Mobil yang Parkir di Garasi

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari laman Wahana Honda, Minggu 6 Maret 2022, contohnya menggunakan baking soda yang berkhasiat seperti agen pembersih yang paling ampuh.

Campurkan soda kue dengan air hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pasta ke area kaca spion yang bernoda.

Biarkan selama setengah jam baru bilas menggunakan handuk basah, ini akan membuat kaca spion tampak seperti baru.

Selain baking soda, amonia juga dinilai manjur. Caranya buat campuran amonia dan air, kemudian masukkan handuk ke dalamnya.

Gunakan handuk untuk membersihkan noda air, upayakan selalu mengenakan sarung tangan pelindung saat menggunakan amonia karena dapat menyebabkan kulit perih dan melepuh.

Spiritus juga dianggap ampuh, caranya campur satu sendok spiritus dengan dengan tiga sendok air. Campuran ini efektif untuk menghilangkan noda pada kaca dengan intensitas ringan.

Nah, bahan yang bisa menghilang noda pada spion adalah cuka putih alias white vinegar.

Semprotkan cuka langsung ke kaca, dan lap bersih. Atau bisa juga celupkan kain bersih ke dalamnya, lalu seka spion dengan lap.

Pastikan mengenakan sarung tangan karet, untuk melindungi tangan dari asamnya cuka.

Jeruk lemon juga berguna untuk menghilangkan noda air dari cermin, karena keasamannya.

Campur perasan lemon dengan air, gunakan campuran ini untuk menghilangkan noda air dari spion.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya