Jangan Anggap Remeh Komponen Kecil dan Murah pada Sepeda Motor

Pentil ban motor.
Sumber :
  • Motorcyclecruiser.com

VIVA – Terdapat beberapa komponen yang terdapat pada sepeda motor, komponen tersebut punya peran penting seperti valve cap alias tutup pentil.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Memang efeknya tidak langsung terasa, tapi punya efek jangka panjang, sehingga komponen ini kerap dipandang sebelah mata. Para pemilik kendaraan sering abai keberadaannya, padahal fungsinya cukup krusial.

Seperti diketahui bahwa, fungsi valve cap adalah menjaga tekanan udara di dalam ban agar tetap stabil. Tanpa menggunakan tutup pentil ban, udara yang ada di dalam ban secara perlahan akan berkurang atau keluar seiring kendaraan digunakan, maka lama kelamaan ban bisa kempis ketika sedang digunakan.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Selain itu, kalau pentil ban yang terbuka ternyata dapat menyebabkan debu, atau air masuk ke celah ban. Sehingga dapat merusak katup, dan membuat karet sil di dalam valve menjadi getas.

Tutup pentil ban kendaraan

Photo :
  • Toyota
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Selain itu, bagian logam bisa mengalami korosi atau karatan. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin terjadi kebocoran udara dari celah yang rusak tadi.

Tekanan udara di dalam ban terus menurun akibat kebocoran halus yang tidak terdeteksi. Demikian seperti dikutip VIVA Otomotif dari laman Federal Oil, Senin 14 Maret 2022, tutup pentil tersebut juga berfungsi menjaga ban tetap dalam tekanan ideal.

Rembesan udara melalui sela-sela pentil bisa tertahan oleh tutup dan tidak langsung terbuang. Tekanan ban yang ideal tentunya sangat penting ketika kendaraan melaju pada kecepatan tinggi.

Berkurangnya tekanan udara membuat ban kurang stabil, dan limbung dan tentunya membahayakan.

Nah, jika menggunakan tutup pentil pada ban, maka komponen ini akan menjaga dan menstabilkan tekanan udara ban, agar tidak ada yang keluar.

Jadi jika kendaraan masih bisa digunakan untuk berjalan bahkan sampai jauh, kalau tekanan angin pada ban tidak normal, maka punya potensi bahaya bagi pengendara saat sedang riding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya