Begini Cara Mudah Merawat Pintu Geser Mobil

Ilustrasi gambar mobil dengan pintu geser
Sumber :
  • Auto2000

VIVA Otomotif – Saat ini beberapa model mobil sudah mengadopsi mekanisme pintu geser atau sliding door elektrik. Adapun model yang menggunakan mekanisme ini seperti Toyota Sienta, Voxy, Alphard dan Vellfire.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Sebagai pemilik kendaraan dengan model pintu itu, perlu melakukan perawatan tambahan agar tetap berfungsi dengan baik. Diketahui, mobil dengan pintu geser memiliki beberapa kelebihan mulai dari akses keluar masuk penumpang lebih mudah.

Untuk itu, penting mengetahui cara merawatnya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Selasa 2 Agustus 2022, berikut cara mudah merawat pintu geser yang bisa dilakukan sendiri, dan cukup di rumah saja.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Interior Mobil New Alphard Edisi Khusus

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Perawatan pertama dengan menjaga kebersihan pintu. Cara ini paling mudah dilakukan dengan memperhatikan sekitar area kerja pintu geser, khususnya di bagian rel dan bantalan pemutar. Apabila ada debu atau kotoran yang melekat pada rel dan roller segera bersihkan. 

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Jika tidak segera dibersihkan, maka bisa menjadi masalah bagi pemilik mobil sliding door, terutama model elektrik. Dampaknya bisa membuat pintu susah menutup, bahkan rusak kalau dibiarkan.

Selain menjaga kebersihan, jangan lupa untuk perhatikan air dan bekas mencuci mobil. Pasalnya, cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana dan banyak komponen yang digunakan mulai dari roller, rel, pengunci, dan motor penggerak pintu untuk versi elektrik.

Apabila terkena air, maka dapat memicu karat yang merusak mekanisme penggeraknya. Untuk mencegah debu dan air merusak pintu geser, lakukan pembersihan minimal seminggu sekali sembari mencuci mobil. 

“Kalau di Toyota menggunakan pintu geser atau sliding door yang mudah, praktis, dan nyaman pada beberapa model MPV keluarga. Namun, bukan berarti pintu jenis ini tidak butuh perawatan, terutama model elektrik yang sarat komponen kelistrikan. Pastikan pintu geser bersih dari air dan debu,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Taraz.

Cara perawatan lainnya adalah harus rajin lumasi komponen penggerak dengan cairan penetran untuk mencegah korosi dan melancarkan kerja roller. Jangan ditunda untuk mengeringkan setelah mobil terkena hujan dan berikan pelumas atau penetran dengan produk yang sesuai rekomendasi model mobil yang digunakan.

Selain itu juga, jangan lupa untuk perlakukan dengan baik dan halus. Sebagai pengguna mobil dengan pintu model ini jangan berlaku kasar seperti menghentikan laju pintu saat bekerja, lantaran dapat mengakibatkan motor elektrik rusak.

Jadi, tunggu sampai proses selesai, atau kalau mau cepat, silakan matikan dan lakukan buka-tutup secara manual. Usahakan pula untuk selalu membuka-tutup pintu geser pada posisi jalan yang datar, bukan dalam posisi menanjak atau menurun.

Untuk cara perawatan yang terakhir dengan pastikan aki mobil dalam kondisi prima. Seperti diketahui, saat mesin mobil mati, kinerja kelistrikan disuplai oleh tenaga aki. Pastikan aki mobil dalam kondisi prima sehingga tidak bermasalah saat pintu geser elektrik digerakkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya