Segini Biaya Servis Mobil di Bengkel Umum Biar Hemat BBM

Layanan servis mobil di rumah.
Layanan servis mobil di rumah.
Sumber :
  • Mobil.co.id

VIVA Otomotif – Saat ini pemerintah telah menaiki harga bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi mulai Pertalite hingga Solar. Hal itu membuat banyak pemilik kendaraan, khususnya yang menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat.

Sebagai pemilik kendaraan roda empat pasti ingin irit bahan bakar ketika digunakan sehari-hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik dengan melakukan servis secara berkala supaya bisa hemat BBM.

Hal itu juga diungkap oleh pemilik bengkel mobil bernama Romel yang menerima jasa servis mobil di kawasan Jakarta Selatan. Dia mengatakan jika pemilik mobil ingin bahan bakarnya hemat harus sering melakukan perawatan rutin saja.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Photo :
  • Dok: MMKSI

"Ada dua jenis perawatan yang berbeda yaitu servis dan tune up. Biasanya kalau mobil gak di-tune up itu bisa berpengaruh ke boros bahan bakar," ujar Romel kepada VIVA, Jum'at 9 September 2022.

Lebih lanjut, dia menerangkan kalau pemilik mobil harus melakukan perawatan setiap 10 ribu km. Untuk biar hemat bahan bakar, pemilik harus juga memperhatikan mesin mobil dan bahan bakarnya.

"Dalam pengalaman bengkel saya itu mesin mobil kan ada grade-nya, ada yang RON 95 ada juga RON 90. Jika dipakai RON 95 memang agak mahal tapi itu bisa irit bahan bakar, lantaran kecium sedikit saja udah bisa menghidupkan mobil," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title