Ini Penyebab Aki Mobil Sering Turun Kemampuannya

Ilustrasi jumper aki mobil
Sumber :
  • Consumerreports

VIVA Otomotif – Aki alias baterai merupakan komponen paling penting pada kendaraan. Hal itu dikarenakan, komponen tersebut berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai listrik pada komponen lainnya dalam mobil.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Apabila tegangan aki menurun, maka akan kena imbas pada komponen seperti, lampu dan starter. Oleh karena itu, supaya tidak mengalami hal tersebut, penting dalam merawat aki untuk menjaga kualitasnya.

Namun sebelum itu, harus mengetahui penyebab aki mobil sering turun. Lantas, apa penyebabnya? dirangkum VIVA dari Auto2000, Senin 19 September 2022, ada beberapa penyebab komponen ini sering turun dan jarang diketahui bagi pemilik mobil.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Ilustrasi memeriksa mesin mobil

Photo :
  • Carsome

Penyebab pertama adalah usia pakai yang sudah lama. Umumnya komponen ini bertahan sekitar lima tahunan atau lebih lama, tergantung dengan cara perawatan yang dilakukan pemilik. 

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Apabila usia aki mobil yang sudah lama mengalami penurunan performa, maka penyebabnya tegangan aki menjadi turun dengan cepat. Hal ini wajar terjadi, mengingat setiap barang memiliki usia pakai yang telah ditentukan.

Selain itu, penyebab lainnya yakni mobil jarang digunakan. Mengapa begitu? Hal itu karena aki mobil tidak mendapat suplai listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kerja aki jadi kurang maksimal. Bahkan salah satu gejala kerusakan aki yang bisa dideteksi yaitu mobil yang jarang digunakan

Penyebab selanjutnya adalah penggunaan aksesori mobil yang berlebihan. Adanya penambah beberapa aksesori mobil nyatanya dapat menjadi penyebab turunnya tegangan aki mobil. Penting diketahui, paling banyak menyedot tenaga aki yaitu sistem audio.

Untuk bisa bekerja dengan baik , sistem audio harus mendapat suplai listrik berkapasitas besar. Jadi , jika hendak memasang aksesori mobil, sebaiknya pasang aksesori sewajarnya dan tidak berlebihan.

Selain sistem audio, penyebab lainnya yakni lampu yang dibiarkan terus menyala. Hal ini tentu dapat menyita tegangan listrik pada aki mobil dengan cepat. Maka dari itu, selalu cek apakah lampu sudah dimatikan ketika sudah selesai berkendara untuk memastikan hal ini tidak terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya