Ini Cara Mudah Agar Ban Motor Tidak Cepat Gundul

Ban motor IRC RX-02
Sumber :
  • IRC

VIVA Otomotif – Ban merupakan salah satu komponen penting bagi dari kendaraan motor yang memiliki fungsi untuk mengontrol arah kendaraan, menunjang bobot, mengurangi risiko selip dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Sebagai pemilik motor, hendaknya memperhatikan komponen ini dan merawatnya agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Seiring masa pemakaian yang sudah lama, ban motor tentu akan mengalami keausan. Kondisi ini akan menyebabkan berkendara tidak nyaman.

Salah satu masalah yang kerap didapat oleh pemilik sepeda motor adalah ban cepat gundul. Hal itu dikarenakan, pemilik  sering digunakan mengangkut beban berat. Untuk itu perhatikan penggunaan kuda besi ketika digunakan aktivitas sehari-hari.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ban sepeda motor gundul tengah dulu.

Photo :
  • masshar2000.com

Selain perlu diperhatikan, ada cara mudah agar ban motor tidak cepat gundul. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Kemenhub, Kamis 10 November 2022, ada langkah mudah khusus motor supaya ban tidak cepat gundul.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Cara pertama adalah rutin membembersihkan ban motor. Tips ini dilakukan secara rutin agar menjauhkan kotoran yang menempel di ban. Pemilih harus mengingat, kotoran debu atau pasir yang menempel di ban bisa menyebabkan komponen mudah bocor atau pecah.

Saat membersihkan ban, gunakanlah sikat dengan membasahi ban terlebih dahulu dengan air sabun. Selain membersihkan, pemilik motor harus menjaga muatan barang dibawa agar jangan berlebihan.

Perlu diingat, mengangkut muatan melebihi kapasitas bisa menyebab kan ban cepat gundul dan bisa juga mudah pecah atau retak. Hal ini tentunya sangat membahayakan keselamatan saat berkendara motor, jadi kurangi membawa barang yang kurang penting.

Cara selanjutnya adalah rutin cek tekanan angin ban. Melakukan langkah ini sangat penting dilakukan supaya pemilik bisa mengetahui kondisi komponen. Apabila kondisi ban kempis maka akan mudah bocor dan cepat gundul.

Untuk cara terakhir yakni pemilik perlu hindari parkir di bawa terik matahari. Hal itu dikarenakan bisa membuat tekanan angin ban meningkat karena pemuaian udara akibat terkena panas. Bahkan bisa berisiko membuat ban mudah botak atau pecah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya