Ini Tips Aman Mengendarai Motor di Jalanan Sempit

Ilustrasi gang sempit
Sumber :
  • Instagram/@fajarelshidqi

VIVA Otomotif  – Di Indonesia tidak semua jalanan memiliki lebar yang proporsional, namun banyak jalanan sempit khususnya di perkotaan. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang memiliki rumah di setiap sudut jalan, bahkan menghabiskan sebagian jalanan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Bagi yang sudah berpengalaman, mengendarai motor di jalan yang sempit memang bukan suatu masalah. Namun, untuk pemula, melewati jalan yang sempit bisa jadi menyebabkan perasaan menegangkan.

Diketahui, ketika mengendarai sepeda motor di jalan yang sempit maka tingkat kesulitan berkendara pun menjadi harus lebih fokus dan berhati-hati. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui caranya dalam melintasi jalanan sempit.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari AstraMotor, Rabu 16 November 2022, ada beberapa tips mudah mengendarai motor di jalanan sempit, khususnya bagi pemula. Pahami cara ini untuk bisa membantu saat menjelajah jalanan kecil agar tidak menyebabkan masalah.

Pria Ini Geber Motor di Gang Sempit, Begini Jadinya! (Instagram/jokersupriadi)

Photo :
Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Tips pertama adalah pengendara harus selalu di jalur kiri. Dengan memposisikan motor di jalur ini, maka akan memudahkan pengendara lainnya yang melaju di jalan yang sama serta dari arah yang berlawanan. Penggunaan jalur kiri merupakan keputusan yang sangat bijak bagi para pengendara.

Selain jalur kiri, usahakan perhatikan jarak kendaraan. Cara ini sangat penting bagi keselamatan pengendara maupun pengguna jalan. Adapun bentuk jalan yang mengharuskan pengendaranya untuk menjaga jarak seperti turunan, tanjakan dan belokan. 

Jika pengendara motor selalu memperhatikan jarak dalam berkendara maka akan mengindari bahaya kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan. Namun perlu diingat, pengendara juga harus memperhatikan sistem pengereman, dan jangan sekali-sekali untuk mengerem mendadak di tempat yang sempit.

Tips selanjutnya adalah kecepatan saat melaju di jalanan sempit. Banyak hal yang dapat terjadi apabila pengendara menghiraukan informasi yang satu ini. Dengan mengontrol kecepatan, maka pengendara akan selalu aman melewati jalan yang sempit.

Untuk yang terakhir yakni perhatikan lampu motor. Umumnya jalan yang sempit mendapatkan penerangan yang minim, sehingga jarak pandang pengendara pun menjadi terbatas. Maka dari itu pastikan kendaraan mempunyai lampu sepeda motor yang baik atau sesuai standarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya