Cara Mudah Mengatasi Kaca Mobil yang Macet

Jamur di Kaca Mobil
Sumber :

VIVA Otomotif Kaca mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang penting berfungsi sebagai pelindung kabin. Setiap pabrik mobil pasti memiliki standar tersendiri mengenai bahan kaca yang digunakan.

Suzuki Swift 2024 Tampil dengan Desain Khusus di Negara Ini

Namun, ada pemilik kendaraan yang mengalami kaca mobil macet dan tidak bisa ditutup atau dibuka. Kondisi tersebut dapat memicu banyaknya debu dan suhu udara dari luar yang masuk ke dalam.

Salah satu penyebab kaca mobil mengalami macet adalah kerusakan fungsi tombol pada bagian power window. Oleh karena itu, pemilik penting untuk merawat komponen tersebut agar tidak mengalami masalah.

BMW X3 Generasi Terbaru Segera Meluncur, Ini Perbedaan dengan Sebelumnya

ilustrasi gambar kaca mobil macet

Photo :
  • Daihatsu

Namun, jika sudah alami macet, sebagai pemilik yang cerdas harus segera mengatasinya. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Daihatsu, Selasa 3 Januari 2022, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaca mobil macet dengan mudah dan cepat.

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

Cara pertama adalah membersihkan bagian karet rel kaca atau kaca mobil dengan menggunakan kain bersih. Pemilik juga perlu menggunakan kuas kecil ketika membersihkan bagian tersebut. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar seluruh kotoran yang menempel dapat dibersihkan secara menyeluruh. Dengan begitu, power widow dapat digerakkan kembali seperti sedia kala sehingga kaca mobil tidak macet.

Selain membersihkan karet rel kaca, cara lainnya yakni semprot kaca film mobil dengan silicon spray. Diketahui, cara ini diklaim mampu membersihkan kotoran-kotoran yang masuk di sela-sela karet rel.

Selain itu, silicon spray juga dapat membuat penampilan kaca film mobil lebih mulus tanpa baret. Kondisi tersebut dapat membuat pergerakan power window menjadi lancar ketika dinaikkan atau diturunkan.

Cara selanjutnya yaitu gunakan semprotan angin bertenaga tinggi. Apabila kedua cara mengatasi kaca mobil macet di atas kurang maksimal, pemilik bisa menggunakan semprotan angin yang memiliki tekanan udara yang tinggi.

Dengan begitu, kotoran-kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil dapat dihilangkan dengan cepat. Cara ini dinilai cukup efektif untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di lokasi yang sulit terjangkau.

Untuk cara terakhir adalah menjaga elastisitas karet rel kaca mobil. Kondisi karet yang kurang elastis tersebut dapat membuat kaca mobil macet sehingga berpotensi terciprat air hujan, dan kabin mobil mudah kotor.

Jika karet rel kaca sudah getas, sebaiknya segera lakukan penggantian dengan komponen yang baru. Pemilik bisa melakukan pergantian tersebut di bengkel resmi sesuai merek dan jenis mobil yang digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya