Mau Servis Mobil? Segini Rincian Biaya Lengkap

Layanan servis mobil di rumah.
Sumber :
  • Mobil.co.id

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik kendaraan khususnya mobil penting untuk melakukan servis atau perawatan rutin secara berkala. Hal itu dilakukan agar performa yang dimiliki tetap terjaga dan tidak mengalami rusak.

Deretan Pilihan Mobil Baru Tahun 2024 dengan Harga Rp 100 Jutaan

Perlu diketahui, ada berbagai macam jenis servis mobil yang harus dilakukan pemilik kendaraan. Dengan melakukan perawatan ada banyak manfaat yang didapat, termasuk berkendara jadi lebih nyaman.

Lantas, berapa biaya setiap perawatan pada mobil? Dirangkum VIVA dari Daihatsu, Kamis 5 Januari 2023, ada beberapa jenis perawatan yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil. Pemilik perlu menyiapkan uang jika melakukan perawatan-perawatan tersebut.

Nekat Terobos Lampu Merah, Dua Pengendara Motor Ini Adu Banteng

Perawatan mobil Toyota

Photo :
  • Auto2000

Untuk perawatan pertama yang wajib dilakukan adalah ganti oli. Pada dasarnya, waktu yang paling tepat untuk mengganti oli yakni tiga bulan sekali. Selain menggunakan perhitungan waktu tersebut, pemilik juga bisa menservis mobil setiap terdapat penambahan 5.000 km. 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 8 Mei 2024

Tidak jarang sejumlah kendaraan dapat mencapai kilometer yang jauh tanpa perlu mengganti oli terlalu sering. Ketika melakukan jenis servis ini, untuk biayanya yang harus disiapkan mulai dari Rp400 ribu hingga Rp500 ribuan, tergantung jenis oli yang digunakan.

Perawatan selanjutnya yaitu mengganti aki. Komponen ini memiliki peran penting pada mobil untuk seluruh kebutuhan energi listrik. Pemilik perlu mengecek dua minggu sekali dan menambahkan air aki. Namun, untuk masa pergantian, pemilik dapat melakukannya satu tahun sekali.

Jangan sampai lalai dalam mengganti aki, karena aki bisa kering dan mobil tidak dapat dinyalakan. Untuk biaya penggantian aki ini sangat bervariasi, bergantung dari merek dan jenis yang dijadikan pilihan, umumnya harga mencapai Rp600 ribuan hingga Rp1 juta.

Selain aki, perawatan mobil lainnya yaitu wiper. Setiap satu tahun sekali, pemilik kendaraan perlu melakukan pergantian komponen ini yang harus dilakukan. Untuk waktu pengecekan, biasanya dilakukan sebulan sekali agar mengetahui apabila terjadi kerusakan.

Wiper mobil. Foto ilustrasi.

Photo :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

Untuk melakukan perawatan wiper, umumnya dibutuhkan biaya Rp50 hingga Rp100 ribuan saja. Harga komponen ini sebenarnya tergantung jenis dan panjangnya. Semakin panjang wiper mobil yang dibeli, tentu akan semakin mahal.

Perawatan berikutnya yaitu filter udara mesin. Minimal filter udara harus diganti sekali dalam setahun, pemilik juga bisa mengacu pada penggantian filter setiap 20 ribu kilometer. Namun, ketika kerak mulai muncul, bisa dapat melakukan penggantian filter.

Perlu diketahui, fungsi dari komponen ini sebagai penjaga kotoran dan serpihan agar tidak masuk ke mesin. Filter yang urung diganti dapat menyebabkan tenaga mesin berkurang. Umumnya, biaya yang dibutuhkan untuk menservis part ini hanya Rp60 ribuan saja. 

Ilustrasi mesin mobil.

Photo :
  • Dok: Sokoindo Automobile

Untuk perawatan mobil yang terakhir adalah kampas rem. Penting diingat, bagi kendaraan dengan transmisi otomatis, lebih baik ganti kampas rem ketika sudah menempuh jarak 35 ribu kilometer. Namun, untuk mobil dengan transmisi manual dapat diganti ketika menyentuh jarak 60 ribu kilometer. 

Kampas rem yang sudah aus dapat membuat piringan cakram tidak bisa mencengkram secara sempurna, hingga akhirnya pengendara menjadi kurang nyaman ketika pengereman kendaraan. Untuk kisaran biaya ganti kampas rem mobil di bengkel resmi biasanya mencapai Rp450 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya