Tips Mengurangi Pegal saat Menyetir Mobil Berjam-jam

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Mengemudi atau menyetir mobil dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kelelahan, dan bahkan cedera. Salah satu pemicunya, yakni salah posisi duduk.

Ferrari Luncurkan Supercar Penerus 812 Superfast

Berikut adalah beberapa penyebab tubuh mudah sakit, saat mengemudi dalam jangka waktu lama, dikutip dari keterangan resmi Auto2000, Rabu 15 Maret 2023:

1. Posisi Duduk Salah
Posisi duduk memegang peran sangat penting untuk memberikan rasa nyaman dan menjaga kesehatan tubuh. Perhatikan posisi duduk, tegakkan sandaran badan dan pastikan kaki masih ada ruang untuk bergerak bebas.

Hyundai Indonesia Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Perhatikan pula jangkauan tangan ke setir supaya tidak mudah pegal.  Bahkan lebih bahayanya lagi, bila posisi duduk tidak ergonomis, dalam kurun waktu tertentu bisa menyebabkan penyakit atau  bahkan saraf terjepit.

Ilustrasi posisi mengemudi mobil.

Photo :
  • Autogo
Presenter Jeremy Teti Mengungkapkan Kekecewaan Atas Perlakuan Mantan Atasannya

Posisikan tubuh senyaman dan seaman mungkin, sehingga pengemudi bisa dengan mudah mengendalikan kendaraaan dan tak kesulitan dalam menjangkau tombol-tombol yang ada di dasbor mobil.

2. Malas Olahraga
Banyak orang yang malas berolahraga sehingga badan kurang fit saat menyetir mobil. Lakukan relaksasi tubuh dengan gerakan ringan ketika berhenti di lampu merah atau jalan macet.

Seperti menarik kepala ke belakang, menggerakkan kepala, meluruskan kaki, menarik otot pergelangan tangan dan lengan, atau menegakkan posisi duduk. Sebelum naik mobil, jalankan pemanasan ringan supaya badan rileks dan tenang.

3. Mengemudi Tanpa Istirahat
Karena merasa mampu, pengemudi memaksakan untuk menyetir seorang diri tanpa mau istirahat. Bukan hanya pegal, konsentrasi dapat ikut berkurang.

Pengemudi akan mengantuk dan berujung microsleep, bahkan kecelakaan. Bila memang lelah dan butuh istirahat, segera berhenti di area publik yang aman.

4. Mengabaikan Kesehatan Tubuh
Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi dapat memeriksa kondisi tubuh untuk menghindari hal-hal buruk, seperti penyakit bawaan kambuh. Atau, ternyata tekanan darah sedang tinggi sehingga dianjurkan untuk tidak mengemudi.

Pola makan harus diperhatikan sesuai kebutuhan tubuh. Bila tubuh sehat, perjalanan akan terasa nyaman dan menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya