Kenali Tanda Aki Motor Rusak dan Perlu Segera Diganti

Ilustrasi aki sepeda motor
Sumber :
  • Youngchoppers

VIVA Otomotif – Aki motor merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Aki berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk menghidupkan mesin motor dan mendukung berbagai komponen elektronik di dalamnya.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, Kamis 25 Mei 2023, seperti halnya baterai pada umumnya aki motor juga memiliki batas umur dan membutuhkan penggantian secara berkala.

Tanda-tanda bahwa aki motor perlu diganti sebenarnya cukup mudah dikenali. Pertama, ketika Anda menghidupkan mesin motor, dan mesinnya sulit untuk menyala atau bahkan tidak menyala sama sekali, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa aki motor sudah lemah dan perlu diganti.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Daya pada aki yang menurun membuatnya tidak mampu menyediakan cukup energi untuk menghidupkan mesin dengan baik.

Ilustrasi aki motor

Photo :
  • Federal Oil
Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Selanjutnya, tanda lain yang perlu diperhatikan adalah saat Anda menekan tombol starter dan tidak ada reaksi apa pun atau hanya terdengar bunyi klik.

Hal ini menunjukkan bahwa aki motor tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan starter. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya segera periksa kondisi aki motor dan pertimbangkan untuk menggantinya.

Perhatikan juga cahaya lampu pada motor Anda. Jika cahaya lampu terlihat redup atau tidak secerah seperti biasanya, ini bisa menjadi pertanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti. Aki yang tidak berfungsi dengan baik tidak dapat memberikan daya listrik yang cukup untuk menjaga pencahayaan yang optimal.

Suara klakson yang melemah atau tidak nyaring juga bisa menjadi indikasi bahwa aki motor perlu diganti. Aki yang lemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk menghasilkan suara klakson yang kuat dan jelas.

Jika Anda merasa suara klakson motor menjadi lebih kecil atau tidak memadai, segera periksa kondisi aki motor Anda.

Tampilan speedometer juga bisa memberikan petunjuk bahwa aki motor perlu diganti. Jika tampilan speedometer digital pada motor Anda terlihat redup atau mengalami gangguan alias error, hal ini bisa disebabkan oleh aki yang tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk menjaga kinerja komponen elektronik, termasuk speedometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya