Waspada Panas Ekstrem, Periksa 5 Komponen Mobil Ini

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

Jakarta, 25 Desember 2023 – Musim kemarau panjang diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Suhu panas terik yang mencapai 36 derajat Celcius bukan hanya bikin gerah, tetapi juga menjadi tantangan berat bagi mobil kesayangan.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Pada cuaca panas, kinerja beberapa komponen mobil akan meningkat untuk menjaga performanya tetap optimal. Jika komponen-komponen tersebut tidak dirawat dengan baik, maka dapat menyebabkan kerusakan yang serius, bahkan mogok di jalan.

Berikut adalah 5 komponen mobil yang wajib dicek secara rutin, terutama di cuaca panas, dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Toyota Indonesia:

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

1. Radiator Mesin
Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin. Pada cuaca panas, kinerja radiator akan semakin berat karena suhu udara di sekitar mobil juga tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi radiator secara rutin,

Ilustrasi radiator coolant

Photo :
  • Toyota Astra
Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

2. Rem Mobil
Rem mobil juga perlu diperiksa secara rutin, terutama di cuaca panas. Pada cuaca panas, kinerja rem akan semakin berat karena suhu udara di sekitar mobil juga tinggi.

3. AC Mobil
AC mobil juga perlu diperiksa secara rutin, terutama di cuaca panas. Pada cuaca panas, kinerja AC akan semakin berat karena suhu udara di sekitar mobil juga tinggi.

4. Oli Mesin
Oli mesin juga berperan dalam mendinginkan mesin. Oleh karena itu, penting untuk mengganti oli mesin secara rutin sesuai jadwal yang direkomendasikan.

5. Ban Mobil
Ban mobil juga perlu diperiksa secara rutin, terutama di cuaca panas. Pada cuaca panas, ban mobil akan lebih cepat panas.

Melakukan pemeriksaan komponen mobil secara rutin memang penting untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi prima. Namun, bagi sebagian orang, melakukan pemeriksaan komponen mobil secara rutin mungkin tidak mudah.

Oleh karena itu, solusi yang lebih mudah adalah melakukan servis berkala di bengkel resmi. Teknisi yang bertugas akan memeriksa dan memastikan seluruh komponen mobil beserta cairan pendukung dalam kondisi prima, termasuk yang berisiko bermasalah di tengah cuaca panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya