Tips Mengenali Gejala Turun Mesin dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi mesin mobil
Sumber :
  • Dok: ADM

Jakarta, 12 Januari 2024 – Mesin ibarat jantung bagi kendaraan, kinerjanya yang optimal memastikan perjalanan lancar dan nyaman. Namun seiring pemakaian, keausan dan penurunan performa mengintai.

Daihatsu Xenia Berusia 12 Tahun Ini Jadi Sorotan di Bekasi

Inilah mengapa, para pemilik kendaraan bermotor perlu memahami konsep overhaul atau yang biasa dikenal dengan nama turun mesin.

Istilah turun mesin digunakan untuk overhaul, karena memang prosesnya melepas dapur pacu dari bodi kendaraan. Hal itu dilakukan untuk perbaikan, yang melibatkan penggantian komponen bermasalah dan pemulihan kinerja optimal.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 30 April 2024

Ilustrasi mesin mobil overheat

Photo :
  • Dok: ADM

Tapi, bagaimana tahu kapan mesin harus menjalani proses overhaul? Berikut ini beberapa tandanya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Daihatsu Indonesia:

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

1. Asap Knalpot Putih
Asap putih pekat berbau seperti besi terbakar mengindikasikan masalah kompresi, bisa jadi pertanda piston rusak dan perlu dilakukan penggantian.

2. Suhu Mesin Meningkat Terus
Mesin cepat panas meski kecepatan rendah? Waspada overheat, ini bisa fatal! Hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti dan mematikan jantung pacu agar proses pendinginan bisa maksimal.

3. Air Radiator Berkurang Drastis
Radiator kehilangan air karena kebocoran atau overheat. Bila air berminyak, bisa jadi hal itu diakibatkan karena ada kebocoran oli di bagian kepala silinder mesin.

4. Busi Penuh Oli
Oli bisa masuk ke ruang bakar akibat kerusakan pada ring piston. Efeknya, busi menjadi basah tak bisa berfungsi dengan maksimal. Selain itu, jumlah pelumas juga terus berkurang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan, untuk mencegah turun mesin. Pertama yakni melakukan servis berkala, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pabrikan.

Hal berikutnya yakni memastikan air radiator berada di batas rekomendasi. Apabila berkurang, bisa ditambahkan dengan mengikuti petunjuk dari bengkel.

Dengan perawatan rutin dan kewaspadaan terhadap tanda-tanda masalah, Anda bisa terhindar dari biaya tinggi overhaul dan menjaga mesin mobil prima lebih lama. Jadi, pantau mobil dan pastikan jantung kendaraannya tetap sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya