Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Ilustrasi memasang kaca film mobil
Sumber :
  • Dok: V-Kool

Jakarta, 9 Februari 2024Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, menjaga suhu kabin tetap sejuk, dan melindungi interior mobil dari kerusakan akibat sinar UV.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Saat ini, banyak merek dan jenis kaca film tersedia di pasaran. Hal ini memberikan banyak pilihan bagi konsumen, namun di sisi lain, bisa membuat bingung dalam memilih mana yang terbaik.

Kebanyakan mobil baru telah dilengkapi dengan kaca film bawaan dari pabrikan (kaca film OEM). Kaca film ini umumnya terbuat dari bahan non-metal dan memiliki kemampuan tolak panas yang standar.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari, Linda Widjaja mengatakan bahwa bagi yang menginginkan kenyamanan kabin yang lebih baik, upgrade ke kaca film yang lebih berkualitas merupakan pilihan yang tepat.

Memilih kaca film terbaik bukan hanya tentang memilih merek ternama, tetapi juga harus mempertimbangkan beberapa faktor penting, seperti:

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

1. Jenis kaca film
Umumnya kaca film terbagi dalam dua jenis berdasarkan bahan bakunya, kaca film non-metal dan kaca film berbahan metal. Kaca film metal biasa menggunakan logam aluminium, nikel dan perunggu memiliki kemampuan tolak panas yang lebih baik, namun sifatnya reflektif yang justru mengganggu kenyamanan berkendara.

Ilustrasi memasang kaca film mobil

Photo :
  • Dok: V-Kool

Kaca film jenis ini juga sulit untuk meneruskan cahaya, sehingga untuk dipakai mengemudi di malam hari atau saat hujan, jadi lebih sulit.

Kaca film non-metal umumnya performa untuk menolak panas sangat rendah. Sistem kerjanya malah seperti spons, malah menyerap panas, bukannya memantulkan panas. 

Kaca film non metal rata-rata dijual dengan harga murah, akan tetapi untuk durability-nya tidak bisa dijamin. Bahkan warna dari kaca film non-metal ini sangat mudah berubah jika terpapar sinar matahari

2. Tingkat kegelapan
Tingkat kegelapan kaca film diukur dalam persentase. Semakin rendah persentase VLT-nya, semakin gelap kaca filmnya. Pastikan memilih tingkat kegelapan yang sesuai dengan peraturan dan kebutuhan Anda.

3. Fitur tambahan
Beberapa kaca film dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti anti gores, anti UV, dan anti pecah. Pilihlah kaca film dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Salah satu merek kaca film yang sudah dikenal baik kualitasnya, adalah V-Kool.  Produk kaca film V-Kool menjadi merek kaca film paling direkomendasikan karena kualitasnya tertinggi yang bisa memenuhi harapan dan kepuasan konsumen pengguna mobil.

Ilustrasi memasang kaca film mobil

Photo :
  • Dok: V-Kool

Dalam pembuatannya, V-Kool menggunakan proses Dielectric Sputtering yang telah dipatenkan dengan menggunakan metal berharga indium oxide dan perak, yang selanjutnya diperkaya dengan logam jenis emas setidaknya 7 lapis sputtering

Proses yang cukup kompleks ini memberi performa penolakan panas yang menakjubkan tanpa terlihat reflektif atau gelap.

Di pasar kaca film segmen premium, V-Kool terus mendominasi. Pengalamannya selama 29 tahun berkiprah di industri kaca film, menempatkan merek ini sebagai merek paling top of mind.

"Untuk terus mempertahankan posisi dominan di segmen premium ini, kami secara konsisten selalu menghadirkan produk-produk terbaru dengan kualitas tertinggi yang bisa memenuhi harapan dan kepuasan konsumen pengguna mobil," ungkap Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari, Linda Widjaja, dikutip VIVA Otomotif dalam keterangan tertulis.

Teknologi yang mereka patenkan bahkan terpilih sebagai salah satu dari 100 penemuan terbesar milenium oleh Majalah Popular Science Amerika Serikat. 

Dengan performa yang superior, dan kemampuan menghemat biaya dalam jangka panjang jika menggunakan kaca film V-Kool, kita bisa berasumsi bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan efisiensi dan performa yang didapatkan. Jadi tidak hanya sekadar membeli produk dengan harga mahal, tetapi juga investasi untuk jangka panjang. 

"Jadi jangan dilihat harganya, pertimbangkan manfaat berlimpah serta teknologi yang Anda bisa rasakan dari V-Kool!” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya