Berikut Tips Mudah Atasi Kick Starter Ngadat

Reparasi Sepeda Motor Menjelang Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Para pengguna sepeda motor terutama motor matik kebanyakan tak terlalu memperhatikan bagian motor yang satu ini. Maklum, kick starter memang jarang digunakan terlebih saat kendaraan masih prima.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun tak dapat dipungkiri, kick starter tetap vital. Jarang melakukan perawatan tentu akan membuat kick starter macet. Maksudnya macet tentu tak berfungsi selayaknya. Selain tak kembali saat digenjot, terkadang berat.

Hal itu disebabkan karena adanya kotoran seperti pasir atau debu yang tertimbun. Saat menghadapi masalah seperti ini, berikut tips mudah yang dipaparkan Hendro, seorang mekanik di sebuah bengkel yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Jakarta.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

"Mengatasi hal itu sebenarnya sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah," kata Hendro.

Masih menurut Hendro, cukup dengan melepas dan membersihkan bak filter udara yang berada tepat di atas bak CVT. Lalu setelah itu baru membuka baut bak CVT dengan kunci T8 dan membersihkannya.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Lalu diteruskan dengan membersihkan komponen starter shaft, gigi dan pegas sembari disiram dengan bensin menggunakan kuas. Setelah itu diberi gemuk secukupnya. 

Sebagai catatan, tak perlu banyak-banyak memberikan gemuk karena itu justru akan menjadi sarang debu dan kotoran. Setelah itu tinggal merakit ulang. Selamat mencoba....

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016