Kenali Penyebab Ban Mobil Benjol-benjol

Ban benjol.
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id - Terkadang pemilik kendaraan utamanya roda empat mengalami getaran pada ban ketika berkendara. Salah satu penyebabnya, bisa jadi ban mobil Anda benjol-benjol. Kondisi tersebut tentu mengganggu kenyamanan berkendara, dan bisa saja menjadi sesuatu hal yang berpotensi buruk.

Penyebab ban benjol-benjol bermacam-macam, seperti pengisian angin dengan tekanan berlebihan. Bisa juga karena ban deformasi bentuk karena kurang tekanan dan mengalami beban berlebihan.

Penyebab lainnya adalah karena ban terkena batu tajam atau karena Toe In/Toe Out, sehingga ban perlu penyetelan (spooring). Bisa juga kerena ban mobil kena paku atau sekrup, namun tidak dapat menembus ban, sehingga mencuat melebihi permukaan telapak ban, saat ban berputar menimbulkan suara bising atau getaran.

Dilansir situs resmi Toyota, sebenarnya Anda dapat dengan mudah merasakan ban yang benjol. Caranya, dengan mengendarai mobil pada jalan lurus pada jalan aspal halus. Hal ini biasanya akan muncul getaran berulang yang semakin cepat laju mobil maka getaran akan semakin sering.

Jika penyebab dari ban yang tiba-tiba bergetar atau berisik, bisa saja karena ban mobil menginjak tanah liat, sehingga menempel di ban, namun biasanya pada saat kering akan terlepas dengan sendirinya.

Cara mengecek ban benjol

Langkah pertama adalah mendongkrak mobil sampai ban terangkat sekitar 0,5 centimeter. Kemudian ganjal ban pada persilangan ban yang diperiksa, lalu lepas rem tangan agar ban bisa berputar (roda belakang). Putar roda, cek apakah pada ketinggian 0,5 cm dari tanah ini ada bagian yang tersangkut di tanah yang menandakan bagian tersebut adalah bagian yang benjol.

Selanjutnya ganti dengan ban yang rata (tidak benjol), cek sendiri tekanan angin. Sebaiknya beli sendiri pengukur tekanan angin, jika mengisi udara di luar, maka bisa saja ban akan diisi lebih besar dari yang diminta. Misalnya, jika meminta diisi 30-32 psi, pengisian udara yang dilakukan petugas bengkel bisa sampai 45 psi. Ini yang dapat membuat ban mengalami deformasi bentuk karena tekanan berlebihan. Ban mobil normal maksimal mendapat tekanan 55 psi.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Meski demikian, tetap disarankan hanya mengisi dengan tekanan standar dari buku manual agar mobil tenang atau tidak bergetar saat berjalan. Selamat mencoba.

(mus)

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016