Daftar Hal yang Harus Dilakukan Mekanik Saat Servis Skutik

Mobil Bengkel keliling Honda
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Servis rutin wajib dilakukan pada setiap motor, demi mendapatkan performa dan keamanan yang maksimal.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Welovehonda, Selasa 12 Januari 2016, normalnya perawatan berkala skuter matik (skutik), seperti servis dan ganti oli mesin, harus dilakukan tiap 4.000 kilometer atau empat bulan, dengan 24 jumlah pengecekan.

Beberapa hal yang perlu diperiksa oleh mekanik saat servis rutin skutik, yaitu saluran bensin, saringan bensin, cara kerja selongsong gas, saringan udara, saluran hawa crankcase, busi, jarak renggang klep, oli mesin, dan saringan kasa oli mesin.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Kemudian, berlanjut pada putaran stasioner, belt CVT, oli transmisi, minyak rem, keausan kampas rem, sistem rem secara keseluruhan, switch lampu rem, brake lock, arah lampu, keausan kampas kopling, standar samping, suspensi, baut dan mur, roda, ban, dan bearing kepala kemudi.

Saat mekanik sedang memeriksa, mereka biasanya memastikan tidak ada kebocoran di saluran bensin, dengan aliran minimumnya adalah 98 sentimeter kubik per 10 detik. Jarak renggang klep juga harus ada di kisaran 0,16 milimeter (mm), dengan toleransi 0,02 mm.

Yang enggak kalah penting buat dicek adalah saringan udara. Idealnya, saringan udara diganti tiap 16 ribu km, atau bisa aja lebih cepat, tergantung kondisi.

Buat oli mesin, ganti tiap kali servis atau sudah menempuh jarak 4.000 km. Oli transmisi cukup tiap 8.000 km aja. Komponen lain yang juga harus diganti adalah busi, tiap 8.000 km. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016