Berapa Biaya Kuras Tangki Bensin Mobil?

Teknisi Toyota menguras tangki bensin mobil.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – Perawatan berkala wajib dilakukan setiap pemilik kendaraan, baik itu baru atau lama. Dengan kondisi mobil yang prima, berkendara tentu menjadi lebih menyenangkan dan bebas gangguan.

Pemotor Ini Mendadak Viral saat Isi Bensin

Namun, ada satu komponen yang tidak termasuk dalam perawatan berkala, tapi sebaiknya diperiksa dan dibersihkan tiap beberapa tahun sekali. Komponen yang dimaksud adalah tangki bensin.

Dilansir dari Toyota Astra, Sabtu, 12 Maret 2016, menurut Technical Service Division Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman, jadwal menguras tangki tidak pakai ukuran angka odometer.

Pria Nekat Lempat Korek ke Tangki Motor Sedang Isi BBM

Pengerjaannya tergantung kebutuhan, sesuai kesehatan mobil dan gejala yang dirasakan pengemudi. “Faktanya, tergantung kualitas bahan bakar yang masuk,” ujar Iwan.

Tangki bahan bakar kotor adalah sumber penyakit yang sering luput dari pengecekan. Kotoran yang mengendap, berpotensi menyumbat suplai bahan bakar ke mesin, hingga membuat kerja mesin tidak normal.

Begini Risiko Pinjam Motor Orang, Bingung Isi Bensinnya

Walau tidak masuk dalam menu perawatan rutin, Anda tak perlu khawatir. Kuras tangki dapat dilakukan di bengkel resmi Toyota, sesuai kondisi atau permintaan konsumen. Biayanya disesuaikan standar upah jam kerja teknisi, berdasarkan model mobil.

Pada Mobil Avanza, kuras tangki butuh waktu dua jam. Sementara, satu jam kerja dihitung sekitar Rp130 ribu. Beda lagi dengan Innova, satu jam kerja sekitar Rp240 ribu.

Kuras tangki disarankan untuk mereka yang kerap mengisi bahan bakar di SPBU yang kualitasnya diragukan. Mobil-mobil yang menggunakan sistem injeksi juga sebaiknya dikuras tangki bahan bakarnya tiap beberapa tahun, agar pompa bensin bebas dari masalah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya