Klakson Tak Mau Bunyi Saat Tombol Ditekan, Ini Penyebabnya

Klakson mobil
Sumber :
  • Hyundai-forums

VIVA.co.id – Meski tidak disarankan untuk digunakan setiap saat, namun klakson tetap harus ada di setiap kendaraan bermotor. Hal ini agar pengemudi bisa sewaktu-waktu memberi peringatan kepada kendaraan lain atau penyeberang jalan.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Walaupun jarang rusak, namun ada saja masa ketika klakson tidak mau berbunyi, meski pengemudi menekan tombol di setir berulang kali.

Bila hal itu terjadi, divisi Automotive Aftermarket Bosch Indonesia, Griselda Iwandi mengatakan, ada dua hal yang bisa dilakukan.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

"Kami sarankan membawa kendaraan ke bengkel terdekat, untuk pemeriksaan terhadap kelistrikan dan melihat kondisi klakson," ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 25 November 2016.

Namun, jika penasaran ingin mengecek sendiri, hal itu juga bisa dilakukan. Cukup buka tombol klakson yang ada di setir dan bersihkan komponen yang ada di dalamnya.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Perlu diingat, pada mobil yang dibekali dengan kantung udara, sebaiknya pengecekan tombol diserahkan pada bengkel. Hal ini guna menghindari kantung udara mengembang akibat salah penanganan.

Untuk sistem kelistrikan, periksa kondisi sekring dan kabel yang terhubung ke klakson. Jika semua bagus dan klakson tetap tidak berfungsi, maka besar kemungkinan klaksonnya yang rusak dan harus diganti.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya