Tiga Penyebab Garansi Aki Gugur, Banyak yang Tak Tahu

Bosch Ultra Gel Battery.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Hampir semua produsen aki memberikan garansi untuk produk yang mereka luncurkan. Ada yang memberi garansi beberapa bulan hingga tahunan. Tapi yang perlu dicatat, garansi aki yang Anda beli dapat gugur karena beberapa sebab.

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Nah, apa saja yang dapat menggugurkan garansi aki? Bosch salah satu produsen yang juga meluncurkan aki berteknologi gel di Indonesia mencoba menjelaskan beberapa sebab aki gugur garansinya. Bosch sendiri memberikan garansi selama 2 tahun.

Dedy Ismanto, Produk Manager Bosch Automotif Aftermarket Indonesia mengatakan, ada ketentuan khusus yang disarankan oleh perusahaan agar aki tak mengalami gugur garansi.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

"Betul, ada faktor yang tentu membuat garansi aki bisa gugur, salah satunya yaitu yang sifatnya administrasi, jika tiga bulan tidak melakukan pengecekan, maka akan gugur," katanya.

Selain itu, Dedy mengatakan faktor lainnya yaitu jika aki dipindahtangankan ke sepeda motor yang tidak terdaftar, garansi juga akan gugur.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

"Misalkan pemilik menjual motornya ke yang lain dan mengambil aki motor karena sayang kalau tidak diambil, dan setelah itu dipindah ke motor yang tidak terdaftar atau berbeda saat pemasangan pertama, garansi akan gugur," katanya.

Lebih lanjut, Dedy mengatakan faktor terakhir yang membuat garansi aki motor bisa gugur yaitu sistem kelistrikan pada motor itu sendiri.

"Jadi, kami biasanya sebelum melakukan pemasangan ke motor, tentu akan mengecek kelistrikan motor pengguna. Jika pada saat dipasang normal dan rusak akibat penambahan aksesori ataupun karena ulah pengguna, maka garansi akan gugur," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya