Cara Merawat Aki Kering Motor agar Tahan Lama

Aki basah dan aki kering kendaraan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • www.icrixs.com

VIVA.co.id – Aki kering atau Maintenance Free Battery saat ini jadi pilihan beberapa pabrikan otomotif. Aki kering dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan aki basah, seperti lebih praktis dan tidak mudah bocor.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Namun rupanya, aki kering juga membutuhkan perawatan yang tepat, agar usia pemakaiannya dapat lebih lama.

Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad Bakri mengatakan, aki kering dapat lebih awet, apabila motor digunakan sesering mungkin.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

"Jika motor tidak akan digunakan, minimal panaskan mesin 2-5 menit setiap harinya. Agar pengisian listriknya tetap teratur," ungkapnya kepada VIVA.co.id.

Ahmad menambahkan, saat berkendara, sebisa mungkin hindari  jalan berlubang yang dapat menyebabkan guncangan pada motor. Sebab, aki akan cepat rusak jika terlalu sering terkena guncangan.

Pahami Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Selain itu, gunakan electric starter setiap hari, kecuali saat memanaskan mesin di pagi hari. Menghidupkan mesin menggunakan kick starter di pagi hari sangat disarankan, karena dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen mesin motor.

"Jangan lupa juga untuk cek posisi kabel terminal aki. Usahakan selalu tertutup rapat. Soalnya, bisa korslet kalau lembap,” jelasnya.

VIVA Otomotif: Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Berita yang membahas mengenai mobil baru Toyota laku keras dan deretan masalah akibat aki motor soak, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023