Motor Sering Hantam Lubang Bikin Aki Cepat Rusak

Jalan berlubang
Sumber :
  • astinastanti.blogspot.com

VIVA.co.id – Hujan yang terus mengguyur sebagian wilayah di Indonesia membuat jalan rentan menjadi rusak dan berlubang. Akibatnya, pengendara motor mesti mewaspadai jalan rusak, karena dapat merusak beberapa komponen sepeda motor, salah satunya aki.

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Aki sebagai komponen kelistrikan motor ternyata sangat rentan terhadap guncangan akibat jalan yang berlubang. Sebab, posisi aki yang tidak terjaga dapat menyebabkan perubahan posisi yang akhirnya bisa melepas soket.

Hal ini juga dikatakan Dedy Ismanto, Product Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia. Menurutnya, guncangan pada motor yang terus menerus akan membuat umur aki tidak awet.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

"Kalau guncangan atau pun getaran itu memang bagian dari yang pengaruhi umur pakai aki. Tapi itu juga tidak terlalu signifikan ya," kata Dedy di Jakarta.

Guncangan demi guncangan dikatakan akan membuat soket dan juga kabel listrik di aki motor terlepas. Sehingga, pengisian aki menjadi tidak maksimal dan akan memengaruhi umur aki.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

"Guncangan yang berlebihan tentunya akan berakibat rusaknya sel-sel yang terdapat di dalam komponen aki. Kalau terlalu sering mendapatkan guncangan saat menemui jalan berlubang, umur aki akan cepat."

Lebih dari itu, Dedy mengatakan, agar para pemilik kendaraan tidak lupa untuk memanaskan mesin di pagi hari dengan menggunakan engkol. Sebab, cara itu dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya