Benarkah Ban Diisi Nitrogen Bikin Irit BBM?

Isi angin pakai nitrogen.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Selain pengisian ban dengan angin atau oksigen, saat ini sudah banyak dijumpai pengisian ban dengan gas nitrogen seperti yang ada di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pengisian ban dengan gas nitrogen kian digemari para pengendara kendaraan bermotor karena dianggap memiliki kelebihan. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurut Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi, ban kendaraan yang diisi dengan gas nitrogen akan lebih stabil dibanding diisi dengan udara biasa. "Daya cakram dan kinerja pada ban menjadi lebih optimal akibat grip yang baik dan tekanan yang tidak berkurang," kata Fachmi saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

Keuntungan lainnya adalah berat jenis partikelnya yang lebih ringan serta lebih besar, membuat kebocoran ban yang diisi gas nitrogen lebih sedikit, sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Tekanan ban yang pas juga dapat menghemat bahan bakar. "Pengisian ban dengan gas nitrogen juga lebih menghemat konsumsi bahan bakar, karena saat ban diisi gas nitrogen, kinerja mesin menjadi berkurang," ujarnya. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tak hanya itu, ban juga akan bekerja lebih optimal ketika berputar, karena sifatnya yang dingin. Artinya menjaga temperatur ban tetap dingin. "Bisa juga mengurangi keausan ban yang tidak merata serta memperbaiki manuver," katanya. (mus)

Ilustrasi isi angin ban nitrogen

Jangan Campur Nitrogen dengan Angin Biasa saat Isi Angin Ban

Seiring perkembangan zaman, saat ini pengisian angin ban kendaraan berubah dengan nitrogen. Lalu, apa bedanya nitrogen dengan angin biasa?

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2022