Punya Taman Hiburan, Ini 6 Fakta Mengejutkan Tentang Ferrari

Ferrari 296 GTB
Sumber :
  • Dok: Eurokars Prima Utama

VIVA Otomotif – Ferrari adalah salah satu merek paling terkenal di dunia, namun ada banyak hal tentangnya yang kebanyakan orang tidak tahu tentang merek terbaik ini. Ferrari juga sudah menjadi merek mobil mewah secara global, yang terkenal memproduksi kendaraan indah yang diinginkan semua orang untuk dimiliki.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Didirikan oleh Enzo Ferrari, perusahaan ini awalnya berfokus pada pembuatan mobil lintasan sebelum merek Ferrari menjadi perhatian utama. Terlepas dari daya tarik merek mobil yang indah ini, beberapa penggemar mobil hanya tahu sedikit tentang sejarah Ferrari yang kaya pengetahuan dalam perjalanannya untuk menjadi merek terkenal saat ini.

Nah, kali ini Viva berikan deretan fakta mengejutkan tentang Ferrari yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

1. Mobil Keluaran Ferrari Pertama Tertunda Karena Perang Dunia II

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc

Photo :
  • Twitter/@F1
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Mobil balap pertama, diberi label Auto Avio Costruzioni 815, memulai debutnya di Mille Miglia selama Perang Dunia II pada thun 1940 dengan sedikit persaingan.

Setelah merebut kembali nama Ferrari, Enzo memindahkan pabriknya ke Maranello pada tahun 1943, yang sayangnya dibom oleh Sekutu pada tahun 1944 dan 1945. Setelah berhenti beroperasi, mobil berlogo Ferrari pertama memulai debutnya di Sirkuit Balap Piacenza pada tahun 1947, tepatnya setelah perang dunia kedua.

2. Hanya Dua Contoh Yang Dibuat Dari Model Ferrari Pertama

Ferrari klasik Rp53 miliar milik Ketua MPR, Bambang Soesatyo

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube @Taulany TV

Sejak ia membentuk Scuderia Ferrari, Enzo Ferrari fokus memproduksi mobil balap, Oleh karena itu tidak mengherankan jika model pertama Ferrari adalah mobil balap. Dua contoh 1.5-liter V12 Ferrari 125 Sport memulai debutnya pada tahun 1947, dikendarai oleh Nino Farina dan Franco Cortese.

Model 125 Sport awal adalah mobil yang cantik tetapi terkenal tidak dapat diandalkan, karena sering mengalami masalah pompa bahan bakar, tetapi perbaikan selanjutnya akhirnya membuat Ferrari menjadi legenda. 125 S memenangkan Roma Grand Prix pada tahun 1951, yang pertama dari enam kejuaraan.

3. Logo “Kuda Jingkrak” Terinspirasi Oleh Penerbang Ace Perang Dunia I

Logo Ferrari. Foto: Farhan Nurhuda/VIVA.co.id

Photo :
  • Farhan Nurhuda/VIVA.co.id

Enzo Ferrari adalah seorang pembuat mobil dan veteran yang bertempur dalam Perang Dunia I di bawah Resimen Artileri Angkatan Darat Italia. Pada tahun 1923, ia bertemu dengan orang tua sesama veteran, Count dan Countess Baracca, yang menyarankan agar Ferrari mengadopsi logo putra mereka untuk keberuntungan.

Logo ikonik "kuda jingkrak" milik Francesco Barraca, ahli penerbangan saat Perang Dunia I yang terkenal dan tewas dalam aksi pada 1918.

4. Warna Merah Ferrari Bukan Pilihan Perusahaan

Ferrari F12 Berlinetta

Photo :
  • Ferrari

Awalnya, semua mobil Ferrari berwarna merah sesuai dengan peraturan yang digunakan oleh Federasi Otomotif Internasional untuk menetapkan semua mobil balap Grand Prix Italia. Ferrari memilih untuk memberi merek semua model mobil produksi berikutnya di sekitar tema warna merah yang populer di kalangan penggemar Ferrari.

5. Pembalap Ferrari Telah Memenangkan Lebih dari 5.000 Balapan

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc

Photo :
  • Charlesleclerc

Keinginan Enzo Ferrari untuk membangun mobil balap yang fantastis dan memastikan bahwa Ferrari mengumpulkan banyak kemenangan balap profesional dunia. Pencapaian yang paling menonjol adalah kemenangan Ferrari di GP Prancis 1990 yang membuat Ferrari menjadi tim pertama yang meraih 100 kemenangan di arena.

Pembalap fantastis seperti Michael Schumacher dan Alain Prost mencapai tonggak sejarah yang mempromosikan reputasi Ferrari di arus utama.

Menurut catatan perusahaan saat ini, Ferrari memegang lebih dari 5.000 trofi, termasuk 14 gelar Dunia Pabrikan Mobil Sport, 15 gelar Dunia Pembalap F1, 8 gelar Mile Miglia, 9 kemenangan Le Mans 24 Jam, 7 kemenangan di Targa Florio, dan 216 F1 kemenangan Grand Prix.

6. Ada Taman Hiburan Ferrari Di Abu Dhabi Dengan Rollercoaster F1

Ferrari World, Abu Dhabi

Photo :
  • Amusing Planet

Selain menjadi merek kendaraan dengan memiliki trek balap pribadi, Ferrari membangun taman hiburan dalam ukuran terbesar di dunia, tepatnya di Abu Dhabi.

Ferrari World Abu Dhabi dibuka pada tahun 2010 dan terdapat hal yang membanggakan, yaitu rollercoaster tercepat di dunia dengan kecepatan sekitar 150mph. Taman ini juga menjadi rumah bagi wahana rollercoaster paling curam di dunia, Flying Aces, yang didedikasikan untuk Francesco Baracca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya