Di Karawang, Nelayan Curhat ke Sandi soal Bantuan Permodalan

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno
Sumber :
  • Dok. Tim Sandiaga Uno

VIVA – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mendatangi Tempat Pelelangan Ikan atau TPI Pasir Putih Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Kamis 3 Januari 2018. Nelayan dan masyarakat setempat curhat kepada Sandi.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Dari keterangan resmi tim Sandi, mereka mengaku selama tiga tahun terakhir tak pernah mendapatkan bantuan. Baik alat menangkap ikan hingga permodalan. Salah seorang nelayan bernama Anas, perlu ada pemberdayaan bagi nelayan yang penghasilannya tidak menentu dan bergantung pada musim.

"Kami tidak penah mendapatkan bantuan selama tiga tahun ini. Baik alat-alat penangkapan ikan seperti jaring atau permodalan. Kami harap, jika bapak terpilih bisa memperbaiki nasib nelayan di Pasir Putih ini," kata Anas.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Warga lain, yakni Najibullah mengaku ingin Pasir Putih menjadi tempat tujuan wisata. Ini, menurutnya, bisa menjadi sumber pendapatan pengganti untuk masyarakat nelayan di Cilamaya.

Najib juga mengaku menanam mangrove atau pohon bakau di pesisir pantai, agar tercipta lingkungan yang asri dan sekaligus menjadi benteng alam menghindari abrasi.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Ini hutan mangrove, masyarakat cari sendiri, beli sendiri, nanam sendiri. Tidak ada bantuan sama sekali sejak tiga tahun lalu pak. Sekarang ada aturan baru, dilarang menanam sampai ke tengah. Bagaimana solusinya pak," ujar Najib.

Merespons keluhan itu, Sandi mengaku akan fokus pada menggerakkan ekonomi masyarakat. Kata eks Wagub DKI itu dengan program ekonomi yang berpihak kepada pengusaha kecil dan menengah.

"Keluhannya semua sama, pemerintah tidak hadir dalam membantu kesulitan rakyatnya. Prabowo Sandi akan fokus untuk itu. Penciptaan dan penyediaan lapangan kerja, juga harga-harga kebutuhan pokok yang stabil serta terjangkau," kata Sandi.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga memberikan paket visi misi untuk beberapa perwakilan desa. Dengan cara ini diharapkan bisa pesan program Prabowo Sandi kepada warga lain. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya