PKS Jamin Prabowo Tak Akan Minta SBY Kampanye karena Istrinya Sakit

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Partai Keadilan Sejahtera memaklumi andai Susilo Bambang Yudhoyono tak dapat berkampanye langsung untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebab SBY kini berkonsentrasi mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono, dalam perawatan akibat penyakit kanker darah.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Tetapi PKS meyakini Ketua Umum Partai Demokrat itu punya cara khusus untuk bersumbangsih pada pemenangan Prabowo-Sandiaga, meski tak harus berkampanye langsung.

"Bukan berarti beliau berubah sikap politik, dan/atau beliau kemudian tidak peduli. Pasti beliau tetap peduli. Tapi memang caranya pasti tidak akan turun langsung," kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Partai politik dalam koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga pun, menurut Hidayat, tak akan memaksa SBY aktif berkampanye langsung. Lagi pula tak manusiawi kalau SBY tetap dibebani kewajiban berkampanye, sementara istrinya sakit. "Saya yakin Pak Prabowo tidak akan meminta itu," ujarnya.

Hidayat menyadari, SBY juga mempunyai pengaruh cukup besar dalam upaya pemenangan Prabowo-Sandiaga, terutama karena menjabat presiden selama sepuluh tahun. Namun masyarakat akan lebih mengapresiasi apabila SBY tidak kampanye di saat istrinya sakit.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

"Kalau pun beliau (SBY) tidak turun [berkampanye langsung], pastilah publik juga sudah tahu bahwa selama ini Pak SBY juga mendukung Pak Prabowo," ujarnya.

Prabowo dan Megawati

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Ketua DPP PDIP Said Abdullah merespons pernyataan sejumlah pihak yang medorong kerjasama antara PDIP dengan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024