Politikus Golkar Wirendra Tjakrawerdaja Main Gamelan di Festival Ebeg

Wirendra Tjakrawerdaja di Banyumas
Sumber :
  • Rilis (istimewa)

VIVA – Politikus Partai Golkar Wirendra Tjakrawerdaja menghadiri Festival Ebeg di Desa Kembaran, Kabupaten Banyumas, Minggu, 24 Februari 2019. Dalam kesempatan itu, Wirendra ikut memainkan gamelan mengiringi penari yang menggambarkan kesenian asli daerah Banyumas tersebut.

243 Bakal Calon Kepala Daerah Daftar ke Golkar Sumut untuk Bertarung di Pilkada 2024

Pentas kesenian Ebeg memang sudah tidak asing bagi warga Banyumas. Tari-tarian kuda lumping yang menggambarkan kesatria berkuda selalu asyik ditonton dan selalu memiliki ruang di hati masyarakat.

Wirendra, menilai kesenian daerah merupakan salah satu aset yang harus selalu dirawat dan dipertahankan. Terlebih, kesenian tersebut merupakan warisan nenek moyang yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

"Di sinilah kepedulian pemerintah sangat dibutuhkan. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberi ruang pertunjukan hingga menberikan pelatihan kesenian kepada generasi muda, " kata Caleg DPR RI Dapil Banyumas Cilacap itu.

Wirendra mengatakan, saat ini Indonesia memang sudah digempur berbagai budaya asing. Untuk itu selain peran pemerintah, menjaga kearifan lokal adalah tugas masyarakat.

Badan Saksi Nasional Partai Golkar Roadshow untuk Memenangkan Pilkada 2024

Terlebih menurutnya saat ini banyak pelaku kesenian daerah yang kondisinya di garis kemiskinan. Tentu, hal itu menjadi salah satu fokus Partai Golkar dalam hal pemberdayaan masyarakat.

"Nanti harapannya setelah pemerintah sukses bersinergi dan memfasilitasi, pasti kesenian daerah bisa dikenal  ke luar daerah hingga ke mancanegara," imbuh putra mantan Menteri Koperasi Subiakto Tjakrawerdaja itu.

Sementara Caleg DPRD Kabupaten Banyumas, Arky Gilang Wahab, menyampaikan bahwa Festival Ebeg tersebut merupakan kegiatan untuk ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Banyumas yang ke-448. Seniman-seniman Ebeg berkumpul untuk menampilkan pertunjukan di hadapan ribuan orang yang hadir.

"Sebagai salah satu caleg generasi muda dari Partai berlogo Beringin, kami bertekad untuk mendukung kearifan lokal Kabupaten Banyumas salah satunya adalah Kesenian Ebeg," kata Arky. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya