Macet Menghantui Pembukaan Piala Dunia

Menyambut Piala Dunia
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews - Suporter tim nasional yang berlaga di Piala Dunia 2010 diminta untuk datang lebih awal sebelum pertandingan pembukaan dimulai, 11 Juni mendatang di Johannesburg, Afrika Selatan.

Panitia khawatir akan kemacetan yang luar biasa karena membanjirnya jumlah penonton dan suporter, begitu diberitakan sport24.

Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) Jerome Valcke meminta agar bolamania tiba di di stadion sejam sebelum upacara pembukaan dimulai. Pertandingan perdana Piala Dunia adalah antara tuan rumah melawan tim sombrero Meksiko.

Varlcke tentu tak mau stadion masih lengang saat pertandingan sudah dimulai, hanya gara-gara jalanan yang macet. "Menyedihkan jika stadion baru penuh saat Bafana Bafana (sebutan untuk tim nasional Afrika Selatan) sudah mencetak dua gol saat melawan Meksiko," katanya.

Kamis lalu, kemacetan mengular hingga 5 kilometer saat digelar pertandingan persahabatan antara Afrika Selatan melawan Kolombia. Suporter kedua tim tumpah di sepanjang jalan menuju stadion Soccer City yang berkapasitas 94.700 orang.

Kemacetan bukan kali itu saja terjadi. Sebelumnya, dalam pertandingan perdana yang digelar di stadion itu, yakni laga final Nedbank Cup, kemacetan sudah menjadi biang keladi harus ditundanya pertandingan selama 1,5 jam.

"Setelah insiden final Nedbank Cup, kami langsung menggelar rapat dengan pihak-pihak terkait, termasuk dari daerah dan provinsi," kata Valcke.

Jumat lalu, panitia Johannesburg mengumumkan kendaraan pribadi tidak boleh masuk ke area stadion Piala Dunia. Mobil pribadi hanya bisa parkir di luar radius 800 meter dari stadion.

Lalu bagaimana cara masuk ke stadion? Silakan menggunakan bus ulang-alik yang sudah disediakan atau ... berjalan kaki.

Valcke menambahkan panitia juga akan membuka stadion Soccer City empat jam sebelum pesta bola sejagat nanti dibuka. (kd)

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk
Ilustrasi selingkuh

Terpopuler: Kebiasaan Orang Selingkuh di Malam Hari, Potret Mahalini-Rizky Febian saat Akad Nikah

Ramalan zodiak, potret Rizky Febian-Mahalini pakai adat Sunda saat akad nikah hingga manfaat olahraga untuk mencegah berbagai penyakit juga tak kalah dilirik pembaca.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024