Hitzfeld Ungkap Kunci Kemenangan Swiss

Pemain Spanyol, David Villa (kanan) berebut bola dengan pemain Swiss.
Sumber :
  • AP Photo/Martin Mejia

VIVAnews - Pelatih Swiss Ottmar Hitzfeld memuji pasukannya setelah mampu menghadirkan kemenangan atas Spanyol, Rabu, 16 Juni 2010. Kemenangan ini adalah kejutan terbesar Piala Dunia 2010.

Strategi Hitzfeld adalah mematikan kreativitas Spanyol di lini tengah. Baik Iniesta maupun Xavi tak bisa berkembang pada laga di Durban itu.

"Kami hanya menyisakan sedikit ruang bagi Spanyol untuk bergerak. Kami paksa mereka menyerang dari sayap karena saat ada umpan silang kami lebih unggul di udara," kata Hitzfeld.

Saat memulai pertandingan, Swiss memiliki empat pemain yang tingginya 190cm atau lebih dan hanya satu pemain yang tingginya tak sampai 180cm. Sedangkan Spanyol punya lima orang yang tingginya kurang dari 180cm.

Strategi jitu Hitzfeld membuahkan hasil. Ketelitiannya menganalisa kekuatan tim sendiri membawa mereka memetik kemenangan berharga di Grup H berkat gol tunggal Gelson Fernandes.

"Saya juga menginginkan para pemain tidak kehilangan banyak tenaga merebut bola dari lawan. Kami fokus di pertahanan dan menunggu serangan balik," kata pelatih yang pernah mengantar Bayern Munich menjadi juara Liga Champions. (FourFour Two)

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev
Ilustrasi emas batangan Antam.

Harga Emas Hari Ini 10 Mei 2024: Produk Global dan Antam Meroket

Harga emas internasional dan produk Antam mengalami kenaikan pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024