Pilwakot

Cuti Pilkada, Petahana Depok Kembalikan Mobil Dinas

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA – Setelah penetapan nomor urut, tahap lanjutan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berikutnya adalah kampanye. Terkait hal itu, dua kandidat yang berlatar belakang petahana di Kota Depok pun diwajibkan menjalani cuti dari jabatannya saat ini.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), masa cuti untuk petahana bakal dimulai pada Sabtu, 26 September 2020. Tak hanya cuti, mereka juga diwajibkan untuk mengembalikan aset negara.

Baca: Calon Petahana Depok Anggap Nomor Urutnya seperti Nabi Idris

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Pradi Supriatna, calon wali kota yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok mengaku, sebelum masa kampanye atau masuk masa cuti, akan segera mengembalikan sejumlah kelengkapan dinas yang dimiliki. Termasuk empat kendaraan yang merupakan fasilitas negara.

"Selama ini negara memberikan fasilitas pada saya, di antaranya kendaraan untuk operasional. Di saya ada roda empat (mobil) dua unit dan motor dua unit. Rencananya sore ini akan saya kembalikan semua kepada negara," katanya saat dikonfirmasi, Jumat, 25 September 2020

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Setelah itu, politikus Gerindra ini akan melanjutkan aktivitas dengan kendaraan pribadi, salah satu yang jadi andalannya adalah Vespa tahun 1970-an.

"Langkah berikutnya kita akan ikuti aturan yang sudah diberikan KPU pada kami, di antaranya sosialisasi kami pada masyarakat dalam menyampaikan visi misi program-program kami ke depan, semua ini akan kami laporkan, termasuk pada Bawaslu," ujarnya.

Dengan demikian, kata Pradi, dipastikan masa cuti tersebut bakal membuat dirinya tambah sibuk.

"Ini bukan ngisi waktu luang malah, karena ini sudah masuk masa sosialisasi kampanye, masyarakat banyak ingin ditemui," ujarnya.

Namun di sisi lain, Pradi mengakui, masa cuti ini akan dimanfaatkannya untuk mengganti waktu yang selama ini sedikit bersama keluarga.  

"Pastinya ada kelonggaran waktu terutama buat keluarga, ini yang kadang-kadang saya suka berselisih jam dengan istri. Istri pulang, saya belum pulang. Nah saya bisa menyesuaikan kondisi ini," ujar Pradi.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, empat kendaraan yang akan dikembalikannya adalah dua mobil dan dua motor jenis N-Max. "Termasuk pengawalan, tidak lagi pakai protokol. Rencana pengembalian sore ini," katanya.

Untuk diketahui, ada dua pasangan calon yang bertarung di Pilkada Depok. Mereka adalah Pradi Supriatna-Afifah Alia dengan nomor urut 1, dan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono dengan nomor urut 2. Rencanya pencoblosan bakal berlangsung pada 9 Desember 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya