Gibran Resmi Jadi Pemenang Pilkada Solo, Perolehan Suaranya Timpang

Rekapitulasi perhitungan suara pilkada Solo oleh KPU setempat di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu, 16 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Kota Solo menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sebagai pemenang pilkada kota itu karena meraih suara terbanyak.

Peneliti UI Jadi Pengamat Independen Pemilu Rusia: Tak Ada Baliho dan Quick Count

Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara di The Sunan Hotel, Solo, pada Rabu, 16 Desember 2020, KPU mengumumkan bahwa pasangan Gibran-Teguh meraih 225.451 suara. Sementara itu, rivalnya yang mencalonkan melalui jalur perseorangan alias independen, Bagyo Wahyono-FX Suparjo, hanya memperoleh 35.055 suara.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, surat keputusan dari rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara itu bisa menjadi objek permohonan atau objek gugatan atas penghitungan suara di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Baca: Ikuti Jokowi, Gibran Rakabuming Siap Disuntik Vaksin COVID-19

"Tentu saja memastikan kalau tidak ada potensi atau permohonan perselisihan hasil di MK; untuk memastikan itu, KPU tetap menunggu pencatatan perkara oleh MK di BRPK (Buku Register Perkara Konstitusi)," katanya.

Prabowo-Gibran Unggul Quick Count, Gubernur BI: Kami Tetap Independen

Gibran-Teguh merupakan pasangan yang diusung oleh PDIP dan mendapatkan dukungan dari sembilan partai politik parlemen dan nonparlemen. Sementara itu, pasangan Bagyo-Suparjo melalui jalur perseorangan diusung oleh organisasi Tikus Pithi Hanata Baris.

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat (Foto ilustrasi).

KPU: Syarat Independen Maju Pilgub 2024 Harus Didukung 618 Ribu KTP

Jakarta jadi salah satu provinsi yang akan menghelat Pilgub pada November 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024